IndonesiaJawa TengahSemarang

Wisata Ambarawa

wisata ambarawa terbaru

Ambarawa adalah salah satu kota kecil yang dekat dengan Semarang dan sangat terkenal sebagai tempat yang membawa sejarah kemerdekaan Indonesia.

Ambarawa bukan hanya terkenal dengan beberapa tempat bersejarahnya namun juga ada banyak wisata Ambarawa yang memiliki keindahan alam yang indah.

Jadi bagi Anda yang ingin berwisata sejarah dan juga berwisata alam, ambarawa adalah tempat yang sangat cocok untuk Anda kunjungi karena memiliki daya tarik yang bagus.

Apa saja ya tempat wisata hits di Ambarawa dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi dan daya tarik apa saja yang ditawarkan oleh kabupaten ini?

Daya Tarik Kota Ambarawa

Ada beberapa daya tarik yang dimiliki oleh kota yang menjadi saksi sejarah kemerdekaan Indonesia di antaranya adalah :

1. Suasana yang Menyejukkan

destinasiku.com

Wisata Ambarawa

Ambarawa memiliki suasana yang sangat sejuk dikarenakan dekat dengan Gunung Ungaran.

Memasuki kota ini anda akan merasakan suasana yang sangat sejuk dan tidak akan kepanasan karena letaknya yang berada di kaki gunung Ungaran tersebut.

2. Kota yang Penuh Sejarah

Ambarawa adalah saksi perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ambarawa menjadi tempat pertempuran sekutu dalam mempertahankan wilayah Indonesia.

Pertempuran yang berlangsung pada tanggal 20 November 1945 -15 Desember 1945 ini menyisakan sejarah yang mengesankan.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

3. Memiliki Pesona yang Asri

Ambarawa adalah kota yang sangat asri karena dikelilingi oleh perkebunan dan pepohonan yang hijau.

Mayoritas penduduk ambarawa bekerja sebagai petani dan pedagang karena memiliki banyak sawah dan perkebunan mengingat tempat ini berada di pegunungan sehingga bagus untuk bercocok tanam.

 

Tempat Wisata di Ambarawa

Ada beberapa tempat wisata hits di Ambarawa seperti :

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah tempat wisata bersejarah yang menyimpan koleksi lokomotif tua.

Selain itu, di Museum Kereta Api Ambarawa Anda juga bisa melihat  barang-barang lain yang berkaitan dengan kegiatan di stasiun seperti kalkulator kuno, mesin pencetak tiket, kereta roda dan beberapa barang lainnya. .

Museum Ambarawa juga menawarkan kepada para pengunjungnya untuk dengan menggunakan kereta diesel kuno atau kereta uap.

Dengan melakukan tur ini Anda bisa melihat pemandangan di sepanjang rute Ambarawa menuju ke Bedono lalu ke Tuntang.

Museum Kereta Api Ambarawa ini bisa Anda temukan di Jalan Stasiun, Panjang, Ambarawa dengan tiket masuk adalah Rp 10.000. Jam buka museum ini adalah pukul 8 pagi – 4 sore.

 

2. Gua Maria Ambarawa

Gua Maria

@catholic.photography

Gua Maria adalah sebuah gua bersejarah yang dibangun pada tahun 1954 atas inisiatif seorang bangsawan Belanda.

Bangsawan tersebut  memberikan  tanahnya untuk mendirikan Gua Maria dan setelah pembangunan selesai maka  gua ini selalu padat oleh kunjungan wisatawan dari berbagai daerah untuk wisata religi.

Namun selain digunakan sebagai wisata religi, pengunjung juga bisa menikmati taman indah yang terdapat di sekitar Gua Maria.

Anda dan pengunjung lainnya juga diperbolehkan untuk membawa pulang air yang ada di Gua Maria ini.

Mata air yang ada di Gua Maria diyakini membawa berkah sehingga banyak pengunjung sengaja datang untuk mengambil minumannya.

Gua Maria ini bisa Anda temukan di Jalan Tentara Pelajar, Kerep, Ambarawa, untuk bisa masuk ke gua ini Anda tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis dan gua ini buka 24 jam.

 

3. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

@indraiswanto84

Monumen Palagan Ambarawa adalah situs bersejarah atau wisata Ambarawa yang sengaja dibangun untuk mengenang pertempuran yang dahulu pernah terjadi di Ambarawa.

Pertempuran melawan sekutu itu menyisakan kenangan sehingga dibangunlah sebuah monumen untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Monumen Palagan sendiri  diresmikan pada tanggal 15 Desember 1974 oleh Presiden kedua Indonesia, Soeharto. Di monumen ini Anda bisa melihat berbagai peninggalan perang seperti tank, mobil, meriam, pesawat terbang dan senapan mesin.

Anda bisa menemukan Monumen Palagan Ambarawa di JalanMgr. Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa dengan membayar biaya masuk Rp5.000. Adapun jam buka museum ini adalah pukul 8 pagi hingga 4 sore.

 

4. Benteng Willem I

Benteng Willem I

@dewidewi0731

Benteng Willem I adalah sebuah wisata Ambarawa bersejarah yang didirikan pada tahun 1834 di masa pemerintahan Kolonel Hoorn.

Benteng ini menjadi tempat yang hits untuk anak muda yang mencari spot foto bagus untuk feed instagram mereka, anda yang penggemar fotografi, pasti sangat menyukai tempat ini.

Pada zaman dahulu benteng Willem I digunakan sebagai penjara sipil dan markas militer, anda bisa menemukan Benteng Willem I di Lodoyong, Ambarawa.

Adapun jam buka benteng ini adalah 8 pagi – 4 sore. Namun untuk mengunjungi benteng ini Anda harus meminta izin petugasnya karena tidak bisa sembarang masuk.

 

5. Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening

pergipedia

Danau Rawa Pening adalah salah satu objek wisata yang hits di Ambarawa. Danau seluas 2.670 hektar ini berada di kaki Gunung Ungaran, Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo yang akan memberikan anda pemandangan yang indah, anda juga bisa menikmati udaranya yang sangat sejuk.

Selai bisa menikmati pemandangan Danau Rawa Pening yang indah, anda juga bisa menyaksikan aktivitas nelayan sekitar.

Jika Anda suka memancing, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan di sekitar danau dan memancing dari atas perahu.

Danau Rawa Pening ini bisa Anda temukan di jalan lingkar Ambarawa Km 3 dengan harga tiket masuk Rp 2.500, jam buka danau ini adalah 9 pagi  hingga 5 sore.

 

6. Bukit Cinta

Bukit Cinta Ambarawa

@joeluluk

Bukit Cinta adalah wisata yang masih dekat dengan Danau Rawa Pening.

Bagi Anda yang datang bersama pasangan, Bukit Cinta adalah destinasi yang cocok  untuk Anda dan pasangan bersantai di tepi danau sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Bukit Cinta dikelilingi dengan pohon-pohon yang memberikan suasana sejuk dan meneduhkan, anda bisa menemukan Bukit Cinta di desa Banyu Biru, Ambarawa dengan membayar tiket masuk Rp 6.000. Tempat wisata ini buka pukul 9 pagi – 5 sore.

 

7. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Sumber Instagram @martanto

Candi Gedong Songo adalah sebuah candi bercorak Hindu  yang dibangun pada abad ke-9. Candi ini memiliki suasana yang sangat sejuk karena terletak di lereng Gunung Ungaran.

Candi ini juga berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga diperlukan tenaga yang cukup kuat untuk bisa mencapai candi ini.

Sesuai dengan namanya Candi Gedung Songo  memiliki 9 bangunan candi. Nah, lokasi antara candi satu ke yang lainnya tidak berdekatan dan harus membutuhkan pendakian.

Meskipun butuh trekking panjang namun Anda akan ditemani oleh  udara yang sejuk dan pemandangan yang indah di sepanjang jalan.

Candi Gedong Songo sendiri letaknya bukan di Ambarawa namun cukup dekat. Anda bisa menemukan candi ini Bandungan yang terletak sekitar 10 km dari Ambarawa.

Tiket masuk ke candi ini adalah Rp 6.000 dengan jam buka 7 pagi – 5 sore.

Dari mulai wisata sejarah hingga wisata alam, semua bisa Anda temukan di Ambarawa. Wisata Ambarawa memberikan Anda pengalaman tamasya yang tidak terlupakan.

About author

Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.
    Related posts
    IndonesiaJawa Tengah

    Wisata Tegal

    BaliIndonesia

    Tanah Lot

    IndonesiaJawa Timur

    Wisata Blitar

    IndonesiaJawa Timur

    Wisata Mojokerto

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *