Gunung Kawi

4 min read

Rute Perjalanan Gunung Kawi

Menjelajahi alam kota Malang menjadi hal yang mungkin tidak akan ada habisnya, alamnnya yang indah dengan penuh keramah tamahan wargannya menjadikan kota Malang ini banyak di jadikan tujuan wisata oleh para wisatawan.

Keindahan kota Malang bisa terlihat dari berbagai kawasan wisatannya yang tidak pernah sepi oleh pengunjung, baik pada hari libur ataupun hari biasa.

Gunung kawi adalah salah satu dari deretan destinasi wisata di kota Malang yang banyak di kunjungi para wisatawan, tapi taukah anda ternyata Gunung Kawi ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam saja melainkan Gunung Kawi juga menyimpan sebuah misteri yang belum banyak orang tau. Dan berikut sahabat destinasi sudah merangkum beberapa hal unik dan juga keindahan dari Gunung Kawi di kota Malang

Keindahan Gunung Kawi

Keindahan dari gunung yang berlokasi di kota Malang ini terletak pada Pesarean yang banyak terdapat di Gunung Kawi, pesarean-pesarean ini dikenal banyak orang karena di percaya menyimpan banyak hal magis peninggalan para leluhur masyarakat di kaki gunung kawi.

Keindahan Gunung Kawi

destinasiku.com

Pesona gunung kawi ini memang memukau banyak orang yang berwisata atau berkunjung ke sana. Berikut beberapa keindahan lainnya dari gunung kawi, diantaranya yaitu :

1. Terdapat Makam Eyang Djoego dan kota yang menyerupai negeri Tiongkok

Keindahan gunung ini disebabkan oleh salah satu tempat yang dimana, gunung ini juga sudah menjadi tempat religi. Yaitu adanya Makam Eyang Djoego, yang lebih dikenal dengan nama Pasarean Gunung Kawi. Selain itu Anda juga akan mendapati pemandangan desa yang indah, yang hampir menyerupai Negeri Tiongkok di zaman dahulu.

Terdapat Makam Eyang Djoego
Pict By : robert_friedrich

Ada beberapa bangunan arsitektur yang sangat khas dari Negeri Tiongkok di sepanjang jalan pasarean tersebut. ada pula kuil dan kelenteng yang sering dijadikan tempat sembahyang, atau tempat ritual bagi orang-orang yang beragama Kong Hu Cu.

2. Pedagang-pedagang yang berjualan lampion

Keindahan apa lagi yang akan anda temui di seputar gunung tersebut? anda akan melihat banyaknya pedagang lampion, baju-baju khas dari etnis Tionghoa, lilin dalam ukuran besar, dan masih banyak cinderamata lainnya yang memiliki khas Tiongkok. Daerah pesarean gunung kawi ini memang dipenuhi dengan segala hal yang berciri khas Tiongkok.

Pedagang-pedagang yang berjualan lampion

Tak jarang juga wisatawan yang berasal dari Tiongkok berwisata ke pasarean tersebut. mereka datang ke sana sengaja untuk melakukan ibadah atau ritual keagamaan. Seperti misalnya Giam Si, Si Cuak, Keselamatan dan masih banyak jenis ibadah lainnya yang dilakukan di sana. Ada pun ritual Jiam Si, yang merupakan jenis ritual dalam meramal nasib.

3. Suasana alam kota di tengah pegunungan

Keindahan yang khas dari gunung yang berlokasi di Kota Malang ini adalah suasana alamnya yang sangat memukau. Banyak orang bilang bahwa suasana alam di sana tampak seperti suasana alam kota, yang letaknya di tengah pegunungan. Tetapi suasanan pegunungan di sana tidak sepi, seperti yang banyak dibayangkan oleh orang-orang.

Suasana alam kota di tengah pegunungan

Namun dengan pemandangan yang indah dan menarik hati, suasana di kota yang berada tepat di sekitar pegunungan justru ramai. Di sepanjang jalan di kota ini juga anda bisa menemukan penginapan atau losmen, yang bisa anda jadikan tempat bermalam ketika berlibur di sekitar gunung.

4. Pohon dewandaru gunung kawi

Keunikan dan keindahan lainnya yang tak kalah menarik dari tempat ini adalah, adanya pohon dewandaru yang konon yang erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat setempat. Pohon ini memiliki kepercayaan, yang dimana jika seseorang kejatuhan buah dari pohon tersebut maka orang tersebut akan mendapatkan rezeki.

Pohon dewandaru gunung kawi-compressed

Di beberapa malam tertentu ada banyak orang yang sengaja datang dan duduk di pohon tersebut. karena ingin kejatuhan rezeki dari pohon itu, atau menerima keberkahan dari pohon tersebut. bahkan orang-orang itu rela kedinginan saat bermalam di bawah pohon dewandaru.

5. Melihat pemandangan dari beberapa gunung di sekitarnya

Hal indah apa lagi yang bisa anda lihat di gunung kawi, selain pesarean dan keindahan kotanya? Jika anda berada di puncak gunung atau yang lebih dikenal dengan nama puncak Butak, maka anda akan melihat pemandangan terbaik dari pemandangan yang ada di sekitar pegunungan. Bahkan anda bisa melihat pemandangan dari gunung lainnya.

Misteri Gunung Kawi

Misalnya seperti Gunung Arjuno, Gunung Semeru dan Gunung Kelud. Keindahan seluruh puncak gunung tersebut sungguh tak tertandingi. Anda akan melihat sejumlah gunung yang menjulang, dengan keindahan yang tak ada habisnya. Belum sampai di Puncak Butak saja keindahan gunung kawi ini terpampang nyata, apalagi jika anda melihat ke seluruh bagian puncak.

Selain keindahannya, gunung yang satu ini juga memiliki beberapa mitos dan cerita yang misteri. Salah satunya mengenai pesugihan gunung kawi dan akibatnya. Serta ada banyak rahasia dibalik misteri pesugihan gunung kawi, yang juga membuat banyak orang penasaran. Bahkan beberapa orang mengaku, memiliki pengalaman pesugihan gunung kawi.

↑ KE DAFTAR ISI


 

Sejarah Gunung Kawi

Gunung kawi adalah salah satu gunung yang letaknya di ketinggian 300-500 M dari atas permukaan laut. Gunung ini dipercaya akan memberikan keberkahan bagi setiap pengunjungnya. Di seputar pegunungan suasana magisnya juga terasa kental, ada banyak orang yang sengaja datang ke sana untuk beribadah, berdoa, memohon berkat, meminta jodoh dan lain sebagainya.

Sejarah Gunung Kawi

Gunung ini juga menjadi tempat pesugihan yang paling terkenal di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Walaupun belum ada data yang dianggap valid, mengenai orang-orang yang berhasil kaya dengan melakukan pesugihan di sana. Bahkan ada beberapa syarat tumbal pesugihan gunung kawi, yang konon harus dilakukan oleh orang-orang yang ingin melakukan pesugihan.

Salah satu hal yang unik yang dimiliki oleh gunung ini adalah, mitos tentang keberadaan pohon dewandaru. Yang konon katanya pohon ini akan memberikan keberkahannya sendiri, untuk orang yang kejatuhan buah dari pohon tersebut. bahkan orang itu bisa menjadi kaya raya dan juga mendapat berkah dari pohon itu.

Bahkan ketika malam satu suro tiba banyak sekali wisatawan yang sengaja mendatangi gunung ini, untuk melihat budaya yang masih dipegang oleh masyarakat di sekitar pegunungan. Selain itu ada banyak juga ritual yang dilakukan ketika ingin berwisata ke area makam. Yaitu makam Eyang Sujo, yang juga dipercaya dapat memberi keberkahan bagi setiap orang yang berziarah ke makamnya.

Sebelum memasuki makam pengunjung diwajibkan untuk mandi dan keramas dahulu, sebelum mulai berdoa di area makam. Selain itu pengunjung juga tidak boleh memikirkan segala hal yang tidak baik ketika berada di makam. Beberapa cara ritual yang biasanya dilakukan oleh para pengunjung adalah meletakkan sesaji di sekitar makam, membakar dupa, bersemedi selama beberapa jam.

Pura Gunung Kawi

Bahkan ada pula yang melakukan semedi tersebut selama berhari-hari sampai berbulan-bulan. Rumah Eyang Sujo ini berbentuk padepokan. Yang banyak digunakan untuk dakwah islam, ajaran moral dari aliran kejawen, keterampilan dalam bercocok tanam, mempelajari pengobatan, mempelajari ilmu kesaktian dan masih banyak lagi.

Di sana juga terdapat banyak benda peninggalan yang dijadikan keramat misalnya bantal dan guling yang terbuat dari bahan batang kelapa. Bahkan ada pula tombak pusaka yang pernah digunakan oleh Pangeran Dipenogoro untuk berperang. Di zaman dahulu Eyang Sujo sering menggunakan guci kuno, yang digunakan untuk menyimpan air suci untuk pengobatan.

Rute Perjalanan Gunung Kawi

Kini guci tersebut diletakkan di samping makam Eyang Sujo, dan masyarakat sekitar meyakini bahwa jika seseorang meminum air dari guci tersebut maka ia akan menjadi lebih awet muda. Pohon dewandaru juga letaknya di area pemakaman, dan para peziarah akan menunggu di bawah pohon untuk mendapatkan keberkahan, keberuntungan dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi keindahan dari gunung kawi Malang ini, tak heran jika setiap harinya banyak sekali orang yang berwisata ke gunung tersebut.

Farmhouse

Destisusilowati
3 min read

Batu Malang

Destisusilowati
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *