Destisusilowati Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.

Makanan Khas Jawa Tengah

6 min read

makanan khas jawa tengah adalah

Indonesia adalah surganya masakan tradisional yang kaya akan rempah. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal memiliki  makanan khas yang lezat dan menggugah selera adalah Jawa Tengah.

Semua orang tahu itu. Makanan khas Jawa Tengah ini akan menggoda Anda, terlebih makanan ini juga mudah ditemukan di hampir semua sudut daerah.

Makanan Khas Jawa Tengah 

Apa saja, ya makanan tradisional Jawa Tengah yang wajib Anda coba jika datang ke daerah ini? Penasaran? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Makanan Khas Semarang, Lumpia

Lumpia

Sumber Gbr : philippinesfoodrecipes.wordpress.com

Semua orang tahu salah satu makanan khas Jawa Tengah khususnya Semarang adalah lumpia.

Lumpia adalah salah satu makanan khas Semarang yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan akan lebih enak jika Anda makan saat masih hangat-hangatnya.

Nah, makanan khas Jawa Tengah satu ini akan lebih nikmat jika Anda makan menggunakan cabai rawit yang pedas.

Selain itu, Lumpia juga memiliki berbagai varian isi yang bisa Anda pilih mulai dari ayam, telur, ikan bandeng, sayuran dan juga udang. Jika Anda pergi ke Semarang,  jangan lupa untuk mencoba makanan enak satu ini.

2. Makanan Khas Kudus, Jenang Kudus

Jenang Kudus
Sumber Gbr : Negeriku Indonesia

Anda mungkin tahu atau pernah mencoba dodol Garut, nah makanan khas Jawa Tengah satu ini hampir sama dengan dodol, namanya adalah jenang.

Satu-satunya yang membedakan antara jenang dan dodol adalah asalnya saja. Jenang berasal dari Kudus Jawa Tengah dan menjadi oleh-oleh khas dari kota Kudus.

Jenang Kudus bisa anda temukan dalam potongan panjang yang kemudian dibungkus dengan plastik bening yang bisa anda beli per kilonya atau ada juga yang dijual per kotak. Jenang Kudus ini memiliki rasa yang manis dan lembut di mulut.

3. Makanan Khas Pekalongan, Garang Asem

Garang Asem
Sumber Gbr : travelingyuk.com

Garang Asem adalah salah satu makanan khas di Jawa Tengah yang rasanya sesuai dengan namanya, asem.

Makanan ini memiliki menu utama ayam yang kemudian dimasak dengan menggunakan santan dan dicampuri asam sesuai dengan namanya. Garang Asem ini bukan hanya memiliki rasa asam saja tapi juga pedas.

Resep makanan khas daerah Jawa Tengah  ini akan sangat lezat sambil dimakan menggunakan kerupuk atau gorengan.

Anda bisa menemukan makanan lezat satu ini di Demak, Pati atau Pekalongan. Bagi Anda yang penasaran dengan menu makanan tradisional satu ini, maka Anda bisa mencoba membuatnya di rumah.

4. Makanan Khas Pemalang, Nasi Grombyang

Nasi Grombyang
Sumber Gbr : travelingyuk.com

Nasi Grombyang sama halnya dengan Garang Asem adalah salah satu makanan khas Pemalang, Jawa Tengah.

Nama makanan khas Jawa Tengah ini unik karena berdasarkan cara penyajiannya, yaitu isi dengan kuahnya jauh lebih banyak kuah daripada isinya.

Dari situlah makanan berkuah ini terlihat selalu bergetar dalam mangkuk sehingga diberilah nama nasi Grombyang.

Makanan khas Pemalang ini memiliki isian daging kerbau, nasi, dan kuah yang khas. Sajian ini jauh lebih nikmat jika Anda menyantapnya dengan menggunakan sate kerbau.

5. Makanan Khas Wonosobo, Mie ongklok

Mie ongklok
Sumber Gbr : travelingyuk.com

Masih dengan makanan berkuah, ya! Tidak hanya terkenal akan wisata wonosobo nya yang indah ternyata Kota Wonosobo juga memiliki makanan khas yang enak dan lezat, jika anda sedang bepergian ke daerah Wonosobo, Jawa Tengah, cobalah makanan khasnya mie Ongklok.

Makanan khas Wonosobo ini hampir mirip dengan mie ayam, di mana mie direbus dengan kubis dan daging cincang.

Nah, bumbu pada mie ini  yang khas karena dicampur menggunakan tapioka sehingga jauh lebih kental dari mie ayam pada umumnya.

Anda bisa menikmati mie Ongklok ini dengan tempe goreng, kerupuk atau sate sapi sebagai lauk. Mie satu ini sangat cocok jika Anda makan saat sedang dingin atau hujan.

6. Makanan Khas, Magelang Mangut Beong

Mangut Beong
Sumber Gbr : travelingyuk.com

Contoh makanan khas Jawa Tengah selanjutnya berasal dari kota Magelang yang bernama mangu beong. Mangut adalah ikan pe sementara Beong adalah nama jenis ikan yang banyak ditemukan di daerah Magelang.

Jadi menu makanan khas Magelang, Jawa Tengah ini adalah perpaduan antara ikan mangut dan beong yang memiliki rasa lezat karena perpaduan 2 daging ikan yang lembut dan renyah.

7. Makanan Khas Cilacap, Brekecek

Brekecek
Sumber Gbr : IniBaru.id

Brekecek adalah makanan khas dari Cilacap, Jawa Tengah yang akan menggugah lidah anda. Makanan ini terbuat ikan Pathak yang banyak ditemukan di Cilacaap.

Nama Brekecek sendiri berasal dari dua kata, yakni kata Brek yang memiliki arti dijatuhkan dan Kecek yang berarti goyang.

Artinya adalah makanan ini diolah dari ikan pathak yang kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah khas Cilacap yang sangat lezat.

Selain terkenal akan destinasi wisata pantai di Cilacap yang sangat menawan, makanan khas Cilacap ini juga ternyata sudah sangat begitu di kenal oleh wisatawan lokal.

8. Tongseng

Tongseng
Sumber Gbr : nelyeka.com

Tongseng adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah yang berbahan utama dari daging sapi, kambing atau kikil. Bahan utama tersebut  ditumis dalam wajan.

Nah, tumis dalam bahasa Jawa dinamakan oseng sehingga tongseng artinya adalah tumis.

Tongseng daging ini bisa ditambahkan dengan santan sesuai dengan selera Anda. Tingkat kepedasan juga bisa disesusaikan dengan selera Anda.

9. Makanan Khas Solo, Serabi Solo

Serabi Solo
Sumber Gbr : Solovely

Serabi Solo adalah makanan ringan khas Jawa Tengah yang hampir mirip dengan pancake tapi lebih tradisional.

Serabi  adalah makanan khas Solo yang sangat disukai oleh segenap kaum muda dan tua.

Makanan tradisional ini dibuat dari tepung beras, gula dan santan kemudian dimasukkan ke dalam sebuah tempat dan dimasak menggunakan arang.

Serabi Solo Murah
Sumber Gbr : KOMPI Nikmat

Jika sudah matang, maka serabi akan diberi taburan atau topping sesuai dengan selera Anda. Topping yang bisa dipilih ada cokelat, irisan pisang atau nangka.

Jika Anda di Solo, jangan lewatkan untuk membeli makanan ringan satu ini.

10. Wingko Babat

Wingko Babat
Sumber Gbr : idntimes.com

Wingko Babat adalah  makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari kelapa parut dan ketan beras. Makanan satu ini memiliki bentuk kotak yang sangat tebal. Makanan ini dimasukkan ke dalam sebuah dan dijual sebagai oleh-oleh.

Wingko babat adalah snack  yang sangat tradisional dan disukai banyak orang sebagai oleh-oleh. Ada beberapa pilihan varian rasa yang bisa Anda pilih seperti cokelat, kelapa, pandan hijau atau nangka.

11. Makanan Khas Jepara Horok-Horok

Horok-Horok
Sumber Gbr : cookpad.com

Horok-horok adalah makanan tradisional khas Jepara yang bisa dikatakan sangat langka ditemukan. Horok-horok ini terbuat dari tepung jagung yang dikukus selama 15 menit dan jika sudah matang dipotong kecil-kecil.

Anda bisa menambahkan kelapa parut di atas horog-horog dan menambahkan sedikit garam. Makanan khas Jepara, Jawa Tengah ini memiliki tekstur yang kenyal dan enak disajikan dengan bakso atau makanan lainnya.

12. Makanan Khas Semarang, Tahu Petis

Tahu Petis
Sumber Gbr : Wanita Indonesia

Tahu Petis adalah makanan ringan yang khas dari Semarang. Anda bisa memakan Tahu Petis sebagai camilan atau bisa menjadi lauk dan dimakan dengan nasi saat mengonsumsinya. Bahan utama untuk membuat tahu petis ini adalah tahu goreng dan saus hitam yang dinamakan petis.

Petis inilah yang membuat makanan ini berbeda dengan tahu-tahu lainnya karena rasanya yang jauh lebih enak dan lezat. Petis terbuat dari sup ikan atau udang yang dimasak hingga menjadi kental

13. Makanan Khas Brebes, Telur asin

Telur asin
Sumber Gbr : LOMBOKita

Telur asin adalah makanan khas dari Brebes, Jawa Tengah yang diawetkan dengan garam. Sebagian besar telur yang diasinkan adalah telur bebek karena menghasilkan rasa yang jauh lebih enak dan gurih jika dibandingkan dengan jenis telur lainnya.

Telur asin ini sangat cocok untuk dimakan dengan menggunakan nasi dan bisa juga dijadikan cemilan. Nah,  telur asin paling baik disimpan maksimal 30 hari, setelahnya tidak baik untuk dikonsumsi.

14. Makanan Khas Purwokerto, Mendoan

Mendoan
Sumber Gbr : beritagar.id

Mendoan adalah makanan yang terbuat dari tempe dan makanan ini berasal dari Banyumas dan Purwokerto, Jawa Tengah. Tempe mendoan ini hampir sama dengan tempe goreng namun dibalur dengan tepung yang sudah dibumbui sebelum dimasak.

Mendoan Purwokerto atau Banyumas ini memang bisa dicoba dibuat sendiri di rumah, namun bumbunya bisa dikatakan lebih gurih dan kaya akan rempah sehingga itu yang membedakan dengan mendoan lainnya.

15. Makanan Khas Salatiga, Enting-Enting Gepuk

Enting-Enting Gepuk
Sumber Gbr : Tokopedia

Enting-Enting Gepuk adalah makan khas Salatiga, Jawa Tengah yang bahan utamanya terbuat dari kacang tanah yang dihancurkan dengan gula kemudian dipadatkan. Setelah tu kacang tersebut dibalurkan lagi dengan gula Jawa.

Rasa Enting-Enting Gepuk ini sangatlah manis dan cocok untuk dimakan oleh anak-anak kecil. Jika Anda datang ke Salatiga, wajib bawa oleh-oleh satu ini untuk anak-anak.

16. Makanan Khas Pati, Sego Gandul

Sego Gandul
Sumber Gbr : Ulinulin.com

Jika Anda datang ke Pati, Anda pasti tidak asing dengan Sego Gandul. Sego atau nasi Gandul ini disajikan dengan daun pisang dan nasi yang jauh lebih gurih daripada nasi pada umumnya. Saat memasak nasi Gandul,beras ditambahkan daun panda agar aroma nasi menjadi lebih harum sehingga bisa menggugah selera makan.

Nasi Gandul ini adalah makanan paling enak dan wajib Anda coba jika berada di kota Pati. Tambahkan sambal, lauk daging sapi asap dan sate usus yang tentunya akan menjadi lauk pelengkap yang nikmat.

17. Makanan Khas Solo Nasi Liwet

Nasi Liwet
Sumber Gbr : Tastemade

Nasi Liwet adalah makanan khas dari kota Solo yang disajikan dengan areh, suwiran ayam, telur dan labu yang bisa meningkatkan rasa lezat.

Sama halnya dengan nasi Gandul, untuk membuat nasi Liwet beras yang dimasak juga ditambahkan dengan santan dari kelapa tua.

Santan kelapa tua ini akan membuat nasi liwet lebih gurih dan beraroma harum. Salah satu makanan yang harus Anda coba ketika mengunjungi Solo.

18. Makanan Khas Kudus, Soto Kudus

Soto Kudus
Sumber Gbr : detikFood

Sesuai dengan namanya, Soto Kudus adalah salah satu makanan asal Kudus, Jawa Tengah yang memiliki rasa yang khas dengan kuah yang jernih dan segar.

Jika Anda pergi ke Kudus maka Anda harus mencoba menu makanan satu ini. Perbedaan Soto Kudus dengan soto lain pada umumnya karena disajikan dengan menggunakan mangkuk kecil.

Untuk isiannya, Anda bisa memilih daging ayam atau daging kerbau. Soto ini sangat jika disantap saat cuaca sedang dingin.

19. Makanan Khas Jepara, Rondo Royal

Rondo Royal
Sumber Gbr : Sajian Sedap – Grid.ID

Jika Anda bukan dari Jawa Tengah maka menu makanan ini akan terdengar asing dan tidak begitu Anda kenal. Makanan tradisional ini berasal dari Jepara, Jawa Tengah yang terbuat dari bahan utama singkong.

Baca Juga : Wisata Kuliner Semarang

Untuk membuat Rondo Royal, maka Anda harus menghaluskan singkong dan tambahkan tepung serta gula kemudian goreng hingga matang.

20. Makanan Khas Jogjakarta, Gethuk

Gethuk
Sumber Gbr : ResepKoki

Gethuk adalah makanan yang terbuat dari bahan utama singkong. Gethuk bukan hanya makanan khas Jawa Tengah tetapi juga Jogjakarta.

Ada banyak macam-macam gethuk yang biasa disajikan sesuai dengan khasnya daerah masing-masing.

Gethuk Enak
Sumber Gbr : ResepKoki

Gethuk sebenarnya memiliki warna asli yang putih, tetapi sekarang ada berbagai warna yang mencolok namun untuk masalah rasa tetap tidak ada yang berbeda dan masih lezat.

Jika Anda sedang di Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk mencoba atau membawa pulang makanan khas Jawa Tengah yang ada di atas.

Destisusilowati Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.

Wisata Probolinggo

Destisusilowati
5 min read

Wisata Kaliurang

Destisusilowati
5 min read

Wisata Magelang

Destisusilowati
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *