Goa Pindul

Goa Pindul Jogja
By : Destinasiku.com

Pariwisata Jogja, terutama kabupaten Gunung Kidul kini memang tengah menggeliat. Semakin banyak objek wisata baru yang dibuka, menawarkan suasana menyegarkan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Salah satu objek wisata yang terbilang baru namun cukup fenomenal adalah Gua Pindul. Objek wisata yang terletak di kabupaten Gunung Kidul ini mampu menguji adrenalin bagi para pengunjung.

Jika Anda sudah bosan dengan wisata pantai atau pegunungan, tidak ada salahnya untuk mencoba suasana baru dengan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Eksotisme gua bawah tanah memberikan sensasi yang sama sekali berbeda dengan tempat-tempat yang Anda kunjungi selama ini. Lantas, seperti apa Gua Pindul yang terletak di Desa Bejiharjo ini?

Review Gua Pindul Jogja 2019

INFO & RESERVASI Goa Pindul Jogja

📷 Photo by @goapindul

Wisata gua belum banyak ditemukan di daerah Yogyakarta. Tidak heran jika sejak dibuka pertama kali untuk umum, gua ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Gua ini mempunyai aliran sungai bawah tanah yang jernih dan dingin. Anda dapat menikmati sensasi menyusuri goa melewati aliran sungai tersebut sambil mengamati bebatuan yang ada di pinggir-pinggir gua.

Selain menawarkan keindahan alam yang tiada banding, Gua Pindul juga menyimpan mitos-mitos yang membuatnya semakin menarik perhatian para wisatawan.

Di antara mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar mengenai gua ini adalah adanya Batu Perkasa yang mampu membuat pria yang menyentuhnya menjadi perkasa.

Selain itu, ada juga Batu Mutiara yang dipercaya mampu membuat cantik awet muda.

sejarah gua pindul
📷 Photo by @goapindul

Meskipun para wisatawan akan diajak menyusuri lorong-lorong dalam gua, objek wisata ini terbilang aman.

Anda tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menyusuri gua ini, asalkan dibimbing oleh pemandu yang telah hafal dengan medan sekitar gua.

Apabila Anda tidak dapat berenang, tidak perlu khawatir karena disediakan jaket pengaman serta ban pelampung selama perjalanan.

Selama menyusuri gua, Anda akan memasuki kegelapan yang sangat pekat. Namun Anda tidak perlu takut karena pemandu selalu membawa alat penerangan untuk membantu penglihatan Anda.
sejarah gua pindul Jogja
📷 Photo by @goapindul

Para wisatawan juga tidak perlu takut dengan hewan-hewan liar yang mungkin mengganggu perjalanan karena gua ini telah steril dari berbagai binatang yang mungkin membahayakan.

Ketika menikmati bagian dalam gua, Anda akan dipandu oleh petugas yang sangat hafal dengan kondisi dan medan dalam gua.

Anda juga akan mendengar beberapa cerita mengenai sejarah Gua Pindul langsung dari petugas yang merupakan masyarakat sekitar gua, dengan demikian, rasa ingin tahu Anda bisa terjawab.

Harga Tiket Masuk Gua Pindul 2019

Untuk harga tikte masuk di goa pindul ini hanya 10.000/orang tapi untuk dapat menikmati berbagai wahana di goa pindul ini anda akan membayar senilai :

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogjakarta
Tiket Masuk KawasanRp10.000
Goa PindulRp40.000
River Tubing OyaRp60.000
Goa SritiRp40.000
Goa BaruRp30.000
Goa GlatikRp40.000
Goa SioyotRp40.000
Situs MegalistikRp40.000
Outbond Telaga Mriwis PutihRp50.000

Biaya ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan sensasi dan keindahan yang akan Anda saksikan selama perjalanan.

Tidak heran jika gua yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada musim liburan.

Selain itu fasilitas di Goa Pindul ini juga sangat lengkap diantarannya seperti :

  1. Perahu karet
  2. Pemandu wisata
  3. Hlem
  4. Rompi jaket pelampung
  5. Hand lamp
  6. Sepatu karet
  7. Mushola
  8. Makan bakso
  9. Taman mini
  10. Pendopo istirahat
  11. Parkir
  12. Penitipan barang
  13. Toilet
  14. Fishpa

Fasilitas yang lengkap di tambah dengan pemandu lokal yang ramah selalu siap sedia untuk membantu Anda merasakan perjalanan bawah tanah yang nyaman dan aman sehingga memberikan pengalaman tak terlupakan untuk liburan Anda.

Lokasi Gua Pindul

Gua ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Gunung Kidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alamat lengkapnya adalah Gelaran 2, RT 03 RW 16 Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta 55891.

Atau anda juga bisa mengikuti arahan google maps berikut ini :

Gua ini terletak cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta sehingga Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dengan menaiki pegunungan kidul.

Lokasi gua pindul
📷 Photo by @goapindul

Meskipun perjalanan cukup jauh, akses menuju Gua Pindul terbilang mudah. Anda akan terus berhadapan dengan jalanan dengan aspal yang mulus.

Anda bisa mencapai lokasi menggunakan berbagai kendaraan berbagai ukuran, mulai dari motor, mobil, mini bus, hingga bus besar.

Yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi yang optimal.

Hal ini berhubungan dengan kondisi geografis wilayah Gunung Kidul yang berupa pegunungan sehingga Anda akan melewati jalanan menanjak serta turunan.

Apalagi jika Anda berkunjung ketika musim liburan, kemacetan mungkin terjadi sehingga Anda perlu mempersiapkan diri.

 

Sejarah Goa Pindul Jogja

Tiket Masuk Gua Pindul
📷 Photo by @goapindul

Sejarah Gua Pindul terbagi menjadi dua, yaitu sejarah munculnya gua dan sejarah dibukanya gua sebagai tempat wisata.

Pertama, Anda mungkin perlu mengetahui sejarah munculnya gua di daerah ini. Cerita bermula ketika Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru mertani diutus oleh Panembahan Senopati.

Keduanya diberi tugas untuk membunuh bayi dari putrinya, yang mana merupakan cucu dari Panembahan Senopati.

Namun keduanya sepakat untuk tidak membunuh bayi tersebut, lalu justru pergi ke arah Gunung Kidul.

Karena sang bayi terus menerus menangis, keduanya memandikan bayi tersebut. Ki Juru Mertani menaiki salah satu bukit kemudian menginjak tanahnya sehingga runtuhlah tanah tersebut.

Karena hal ini, muncul lubang menganga dengan aliran sungai di bawah tanah. Sang bayi kemudian dimandikan di sana.

RESERVASI Goa Pindul
📷 Photo by @goapindul

Sejarah nama Gua Pindul sendiri didapat karena pipi sang bayi terbentur (kebendul). Oleh karena itu, gua ini dinamakan dengan Pindul (Pipi Kebendul).

Sebelum menjadi tempat wisata, gua ini biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mandi, mencuci, dan memancing. Airnya bersih sehingga sering dimanfaatkan oleh warga untuk berbagai keperluan.

DEWABEJO GOA PINDUL
📷 Photo by @goapindul

Hingga pada tahun 2010, tibalah rombongan KKN dari Universitas Gajah Mada yang mencetuskan ide untuk meneliti bebatuan serta kedalaman air dalam gua.

Setelah masuk dan melihat keindahannya, muncullah gagasan untuk mengelolanya menjadi tempat wisata.

Akhirnya gua tersebut resmi di buka pada 10 Oktober 2010 dengan jumlah pengunjung yang semakin banyak dari waktu ke waktu.

Gua yang dahulunya dianggap sebagai tempat sakral oleh warga kini disulap menjadi lokasi wisata yang meningkatkan potensi dan ekonomi masyarakat sekitar.

Daya Tarik Gua Pindul

Gua ini menawarkan daya tarik yang mampu menyihir para wisatawan untuk menikmati setiap detik selama berada di dalam gua.

Lokasi GOA PINDUL
📷 Photo by @goapindul

Ketika menyusuri gua, Anda bisa menikmati keindahan bagian dalam gua. Selain air yang jernih dan hawa yang menyejukkan, stalagmite berukuran besar juga siap membuat Anda terkesima ketika melakukan cave tubing. Bahkan ukuran stalagmite ini menduduki peringkat ke 4 terbesar di dunia.

Ketika cuaca mendukung, Anda bisa melihat cahaya matahari yang menembus beberapa bagian gua sehingga menimbulkan pemandangan yang luar biasa.

Pantulan air ke sungai memberikan pemandangan yang tidak bisa Anda temukan sehari-sehari. Tidak berlebihan jika ada yang menyebutnya sebagai cahaya dari surga.

Dengan menyusuri aliran air bawah tanah dan menikmati berbagai daya tarik yang ada di dalamnya, Anda bisa menguji adrenalin sekaligus mengagumi keagungan Sang Pencipta dengan ciptaannya yang begitu luar biasa.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Explore Bandung
Read More

Tempat Wisata di Lembang

Lembang Bandung adalah sebuah kecamatan di daerah kabupaten Bandung Barat provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini berjarak kurang…