Destisusilowati Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di Pulau Lombok dan tertinggi kedua di Indonesia. Setiap tahunnya banyak sekali wisatawan baik lokal maupun dari luar negeri datang ke gunung ini untuk melakukan ekspedisi pendakian ataupun hanya sekedar ingin menikmati alam Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung paling indah yang ada di Indonesia, selain itu gunung rinjani ini juga menyimpan banyak sekali cerita.

Keindahan Gunung Rinjani

Pemandangan yang dapat dilihat dari gunung ini merupakan salah satu daya tarik pendaki dan pengunjung untuk datang bermaksud ingin melihat dan menyaksikan sendiri tentang keindahan gunung ini. Ketika anda memasuki area pegunungan Rinjani anda akan langsung di suguhkan dengan beberapa keindahan di dalamnya, yaitu adalah:

Pendakian Gunung Rinjani

Sumber : mar_mal_poz
  1. Plawangan Sembalun

Tempat ini merupakan titik awal bari para pendaki yang ingin melakukan perjalanan menuju puncak  gunung. Palangawan Sembalun didominasi oleh rerumputan yang tingginya mencapai lebih dari 1 meter. Pemandangan yang disuguhkan adalah tanah luas khas savana dan ditemani dengan pemadangan gunung.

Plawangan Sembalun
from @novemlawalata

Tidak sedikit pendaki yang memutuskan untuk mendirikan tenda dan beristirahat atau bahkan bermalam di Savana Sembalun Lawang. Tempatnya yang landai dan datar membuat para pendaki mendirikan tendanya di tempat tersebut. Anda juga perlu tau, kalau di tempat ini anda dapat  menyaksikan sunset yang begitu indah.

  1. Danau Segara Anak

    Danau Segara Anak
    @rinjaniwonderfull

Wisata danau yang ada di Gunung Rinjani tersebut memiliki warna air danau yang sangat jernih. Belum lagi pemandangan di sekitar danau yang memberikan kesan bahwa anda sedang berada di negri dongeng. Anda juga dapat memancing di danau tersebut karena tidak ada larangannya.

  1. Gunung Batu Jari

Keindahan alam ini merupakan Gunung Anak Rinjani. Gunung ini terletak di sebelah timur gunung tepatnya di Kaldera. Pada tahun 1944 gunung ini mulai terbentuk. Anak Gunung Rinjani meletus beberapa kali karena masih aktif sampai sekarang. Saat cuaca dalam keadaan normal, anda dapat melihat Gunung Batu Jari dari puncak.

Gunung Batu Jari
@First Lombok Tour

Perpaduan antara puncak Gunung Batu Jari dan Danau Segara Anak memberikan kesan yang sangat indah. Inilah salah satu pemandangan yang selalu dirindukan para pendaki dan menjadi alasan bagi mereka untuk kembali.

  1. Puncak Rinjani

Puncak Rinjani
Destinasiku.com

Meskipun para pendaki memiliki prinsip “Pergi sehat, pulang sehat, dan puncak bukan segalanya”, akan tetapi Puncak Rinjani merupakan tempat yang menyajikan pemandangan yang dapat menghipnotis para pendaki. Dari atas puncak Gunung Rinjani, anda dapat melihat seluruh bagian gunung serta Pulau Sumbawa dan Lombok.

↑ KE DAFTAR ISI


 

Sejarah Gunung Rinjani

Gunung berapi tertinggi kedua ini secara administratif terletak di empat kabupaten yang berbeda, diantaranya adalah Lombok, Timur, Tengah, Barat, dan Utara. Tinggi gunung ini adalah 3.726 m di atas permukaan laut. Beberapa suku dan masyarakat sekitar, Gunung Rinjani merupakan tempat yang sangat suci. Hal ini karena sebagian menganggap bahwa gunung merupakan istana para dewa.

Makna dari kata Rinjani adalah tegak dan tinggi. Sesuai dengan namanya gunung ini sangatlah tinggi dan berdiri dengan tegak. Nama Rinjani berasal dari kata Anjani yang kemudian berubah menjadi Renjani dan berubah lagi menjadi Rinjani. Kata Anjani diambil dari nama sebuah desa yang berada di Lombok Timur.

Masyarakat suku sasak menyebutkan bahwa Gunung Rinjani merupakan pusat atau daya kekuatan hal yang berbau spiritual sehingga semua arah akan mengarah ke gunung tersebut. Juga, masyarakat suku sasak mempercayai bahwa gunung ini selain menjadi pusat spiritualis juga menjadi pusat daya magnet bumi.

Masyarakat sekitar meyakini bahwa kawasan ini merupakan tempat para jin beristirahat. Sebagian besar jin yang menempati gunung tersebut diyakini beragama Islam. Diantara banyaknya jin, terdapat satu pemimpin yang bernama Dewi Anjani, Jin yang bersemayam di puncak Gunung Rinjani.

Pendakian Gunung Rinjani

Saat ini status Gunung Rinjani masih berstatus waspada. Agustus 2018 lalu gempa sempat mengguncang Pulau Lombok dan sekitarnya. Gempa tidak hanya muncul sekali, tetapi beberapa kali.

Pendakian Gunung Rinjani

Jalur pendakian pun ditutup sementara pasca kejadian tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena jalurnya akan segera dibuka. Berikut adalah tiga jalur pendakian yang akan dibuka April 2019:

  1. Jalur Sembalun

Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung ini diperkirakan memakan waktu 4 – 5 hari. Pada jalur ini anda akan jalan melalui padang savanna, persawahan, dan ladang.

Jalur Sembalun
@jejak_rimbaku

Sejauh mata memandang hanya ada rerumputan tinggi. Jika anda melewati jembatan maka anda sudah hampir sampai ke pos/basecamp satu.

Di pos dua anda biasanya akan beristirahat dengan mendirikan tenda karena tempat itu cukup landai dan ada toilet yang sengaja dibuat. Anda juga akan beristirahat di dekat gua yang ada di pos 3.

Setelah melewat beberapa pos anda akan sampai di puncak Gunung Rinjani. Waktu yang tepat untuk melihat pemandangan adalah saat sunrise dan sunset.

  1. Jalur Senaru

Jalur ini merupakan jalur yang banyak diminati para pendaki. Jalur ini biasa digunakan masyarakat sekitar untuk melakukan ritual dari desa Senaru ke Danau Segara Anak. Waktu yang ditempuh untuk mencapai danau sekitar 10 jam.

Jalur Senaru Rinjani
Travel – Tempo.co

Anda akan memulai dari Desa Senaru ke kawah Plawangan Senari, kemudian turun ke Danau Segara Anak, dilanjutkan dengan mendaki ke Kawah Plawangan Sembalun, dan langsung mendaki ke puncak gunung. Setelahnya anda akan turun ke desa Sembalun Lawang.

  1. Jalur Timbanuh

Jalur ini merupakan jalur yang cukup baru diantara jalur lain. Sudah terdapat beberapa fasilitas baru yang bisa digunakan oleh pendaki sepert pos penjagaan di dusun Desa Timbanuh, shelter, dan penginapan milik pemerintah.

Jalur Timbanuh
Gunung

Jika anda adalah pendaki pemula, sebaiknya anda mendaki hanya sampai Pelawangan dan Puncak bagian selatan Gunung Rinjani. Untuk turun ke danau Segara Anak anda perlu ekstra hati-hati karena jalurnya yang curam dan beresiko.

↑ KE DAFTAR ISI

Larangan di Gunung Rinjani

Tempat yang dianggap suci ini menyimpan banyak sekali mitos-mitos yang sangat kental. Sayangnya, masih banyak para pendaki yang kurang mengerti betapa pentingnya untuk menghindari larangan yang ada saat mendaki gunung ini. Beberapa sumber berita menyatakan Gunung Rinjani tempat maksiat karena masih ada pendaki yang berbuat tidak senonoh saat mendaki.

Larangan di Gunung Rinjani

  1. Berbuat Tidak Senonoh

Sebagai manusia yang sudah dilengkapi dengan pikiran, sudah seharusnya dapat mengendalikan nafsu khususnya nafsu birahi. Di gunung manapun tidak pantas bagi siapapun untuk melakukan perbuatan tersebut. Apalagi Gunung Rinjaniyang digunakan masyarakat sekitar untuk beribadah.

  1. Berkata Kotor

Logika nya adalah apabila ada tamu yang anda tidak kenal kemudian berkata kotor pasti anda akan murka. Begitu pula dengan penunggu gunung. Gunung ini pun adalah tempat dilakukannya ritual suci oleh masyarakat, jangan sampai anda mengotorinya dengan berkata kotor atau yang tidak baik.

  1. Memetik Bunga Eidelweis

eidelweis

Bunga yang dikenal bunga abadi ini tumbuh di sekitaran gunung. Jangan sekali-kali anda berniat untuk mencabutnya karena ini adalah larangan yang sangat keras. Meskipun anda merasa tidak ada yang melihat, tetaplah anda jangan mengambil apa yang bukan milik anda.

Itulah sedikit sejarah dan juga keindahan yang bisa anda nikmati di Gunung Rinjani, semoga dapat bermanfaat terimakasih banyak. Salam Traveler.

Destisusilowati Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.

Gunung Kawi

Destisusilowati
4 min read

Gunung Agung

Destisusilowati
4 min read

Gunung Krakatau

Destisusilowati
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *