GunungIndonesiaJawa TengahJogja

Gunung Merapi

Gunung merapi , boyolali

Di Indonesia ada lebih dari 100 gunung berapi lebih yang aktif dan dianggap sudah punah. Salah satu gunung berapi di Jogjakarta yang juga sering menjadi destinasi wisata adalah gunung Merapi. Gunung ini menjulang setinggi 9.551 kaki atau sekitar 2.911 meter yang terletak di Yogyakarta  dan perbatasan Jawa Tengah.

Gunung yang terletak di Sleman, Jogjakarta ini sering meletus dan sering menyebabkan kerusakan parah pada jalan, ladang, dan desa tetapi selalu sangat bermanfaat bagi tanah. Mau tahu seperti apa sejarah adanya gunung berapi di Jogjakarta ini dan daya tarik wisata apa yang ditawarkan ?

Daya Tarik Gunung Merapi

Daya Tarik Gunung Merapi

@mariorouv

Ada beberapa hal yang membuat gunung merapi ini menjadi wisata favorit anak muda, baik yang berada di Jogjakarta maupun luar Jogjakarta. Daya tarik tersebut adalah :

  1. Udara Sekitar yang Sangat Menyejukkan

Anda yang orang pegunungan pasti pernah merasakan bahwa area yang berada di kaki pegunungan pasti memiliki suasana yang sejuk. Sama halnya dengan Merapi, keberadaan gunung ini membuat suasana di sekitar sangat meneduhkan dan menyejukkan.

  1. Banyak Desa Wisata

Di sekitar kawasan gunung Merapi ini terdapat banyak sekali desa wisata yang menawarkan fasilitas penginapan, camping dan outbound. Anda yang ingin berwisata budaya, bisa datang saja ke beberapa desa wisata yang ada di kawasan Sleman.

Banyak Desa Wisata

Sleman yang menjadi letak gunung Merapi ini memiliki banyak desa wisata seperti Desa Wisata Kelor, Desa Wisata Sambi, Desa Wisata Kembangarum, Desa Wisata Pulesari dan masih banyak lagi desa wisata lainnya.

  1. Guguran Lava Pijar

Bagaimana rasanya jika menyaksikan lava pijar secara langsung? Pasti menegangkan bukan? Namun bekas lava pijar yang berguguran ini ternyata bisa menjadi sebuah pemandangan yang sangat indah dan bisa menjadi potensi wisata yang menarik pengunjung untuk datang ke Merapi.

Tips Mendaki Gunung Merapi

Tips Mendaki Gunung Merapi

@mameckx

Gunung Merapi memiliki puncak gunung berapi yang terletak di dekat pusat pulau Jawa, Indonesia. Gunung berapi ini berjarak sekitar 20 mil atau 32 km utara kota Yogyakarta dan masih memiliki jarak yang agak jauh ke selatan kota Semarang. Gunung yang memiliki ketinggian hingga 9.551 kaki ini mempunyai lereng curam dengan vegetasi lebat di sisi bawahnya.

Bisa dikatakan gunung Merapi adalah yang paling aktif dari 130 gunung berapi aktif di Indonesia. Salah satu letusan terbesar pernah terjadi pada tahun 1006. Akibatnya letusan tersebut menyebarkan abu ke seluruh Jogjakarta hingga Jawa Tengah.

Meskipun Merapi adalah gunung yang masih aktif dan sering mengalami erupsi, gunung ini masih menjadi pilihan para pendaki yang menyukai tantangan. Gunung ini juga sering didaki oleh para pendaki karena memang tidak ada larangan untuk mendaki Merapi selama tidak mengalami anda-tanda erupsi.

gunung Merapi

Foto 📷 : @agungwidayanto_

Jalur pendakian ke Merapi sendiri akan melewati 3 pos di mana pos pertama Anda akan melewati jalan yang cukup licin dan terjal untuk menuju ke pos 2. Perjalanan menuju pos 1 ke pos 2 sendiri membutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan.

Jika sudah sampai ke pos 2 maka Anda akan melanjutkan pendakian ke Pasar Bubrah. Pasar Bubrah sendiri bisa dikatakan batas untuk melakukan pendakian ke Merapi karena memang itulah batas aman pendakian.

Jadi bagi Anda yang ingin melakukan pendakian di Gunung Merapi, Anda harus benar-benar memiliki persiapan yang matang. Berikut ini adalah tips mendaki Merapi :

Pastikan Kondisi Tubuh Prima

@merapi_news .

  1. Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Baik tubuh dan pikiran Anda harus dalam kondisi prima sebelum memutuskan untuk mendaki gunung. Perbanyak latihan untuk mengasah kecepatan pendakian Anda sendiri, fokus pada bagian-bagian tubuh dan latihan fisik kaki.

  1. Siapkan Mental Anda

Pelatihan mendaki gunung bukan hanya tentang mempersiapkan tubuh Anda secara fisik, tetapi juga mental. Ya, Anda membutuhkan kekuatan tapi terkadang tantangan mental bisa tampak luar biasa dan sama menakutkannya dengan fisik.

  1. Fokus pada Pendakian

Cobalah untuk tidak memandang pendakian gunung sebagai satu tantangan besar yang tidak dapat diatasi. Temukan titik fokus di depan, seperti batu besar, pohon tinggi atau dataran tinggi di lereng. Fokuskan perhatian Anda pada hanya untuk mencapai titik itu dalam pendakian Anda.

Dengan menemukan kesenangan dalam pencapaian kecil, jarak yang lebih pendek itu dengan cepat akan bertambah hingga mencapai puncak.

  1. Fokus pada Gerakan Anda

Terkadang memperhatikan dengan seksama bagaimana tubuh Anda bergerak dan merasakan lelah dan pegal adalah bukan hal yang baik. Cobalah untuk tidak fokus pada seberapa parah kaki Anda sakit atau udara yang sangat dingin di sekitar Anda.

Sebagai gantinya, buat setiap langkah kaki menjadi tujuan. Angkat kaki Anda dengan sengaja sebelum meletakkannya kembali. Lihatlah kaki Anda dan ke mana mereka pergi.

  1. Jaga Keseimbangan

Cobalah untuk menjaga keseimbangan, yang akan membantu mencegah cedera. Fokus pada teknik panjat Anda. .

  1. Cobalah untuk Meihat Pemandangan Merapi yang Indah

Merapi adalah sebuah gunung yang sangat indah jadi untuk mengobati kondisi fisik dan mental Anda yang sudah lelah maka lihatlah pemandangan sekitar Merapi untuk memengaruhi pendakian Anda, fokuskan perhatian Anda pada lingkungan Anda. Nikmati hijaunya pohon, awan, langit, dan alam yang indah.

Jeep Lava Tour, Wisata Gunung Merapi yang Menantang Adrenalin

Lokasi Gunung Merapi

unsplash.com

Anda yang datang berwisata ke kawasan Merapi, rasanya wisata Anda kurang lengkapi jika tidak mencoba wisata jeep lava tour. Wisata ini sangat menantang adrenalin Anda dan wisatawan lainnya dengan mencoba mengarungi jalan-jalan yang bergelombang tajam di bunker gunung Merapi. Meski cukup menantang, namun wisata ini banyak yang menggemari.

Jeep lava tour ini bisa Anda temukan di kawasan Cangkringan, Sleman dengan harga sewa mobil Rp.400.000 minimal 4 orang penumpang. Tur lava Merapi dengan menggunakan mobil jeep ini adalah perjalanan petualangan yang ekstrem dan menyenangkan karena Anda akan diajak melalui jalan berbatu.

Nah, hal yang paling menarik adalah Anda dan wisatawan lainnya akan diajak mengeksploitasi sisa-sisa letusan Gunung Merapi dari semua sudut yang Anda. Dengan tur ini, Anda tidak hanya bisa melihat keindahan gunung Merapi secara lebih dekat tetapi Anda juga akan  dimanjakan oleh keindahan alamnya.

Baca juga: Gunung Merbabu

Apalagi jika Anda datang saat pagi hari, Anda bisa menyaksikan matahari terbit di pagi hari dengan sangat indah dan mengagumkan. Bukan hanya bisa menyaksikan matahari terbit saja, Anda juga bisa menyaksikan matahari terbenam di sore hari.

Wisata Merapi satu ini umumnya akan dimulai dengan start puncak Kaliadem kemudian ke bunker Kaliadem melewati batu alien menuju ke museum mini atau stone henge Merapi dan berakhir lagi di puncak Kaliadem.

Bagaimana? Anda ingin merasakan sensasi wisata yang ekstrem dan menegangkan? Datang saja ke kawasan wisata gunung Merapi yang berada di Kaliadem, Sleman, Jogjakarta bersama teman-teman Anda atau keluarga.

About author

Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.
    Related posts
    IndonesiaJawa Timur

    Wisata Jember

    BandungIndonesiaJawa Barat

    Tempat Wisata di Bandung

    IndonesiaJogja

    Candi Ratu Boko

    IndonesiaJawa Tengah

    Wisata Tegal

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *