Gunung Lawu

3 min read

Dengan ketinggian 3.265 Mdpl ternyata Gunung Lawu menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat menantang para pendaki gunung. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan pendakian ke gunung yang terletak di Magetan bisa melewati jalur pendakian via Cemoro sewu, Cemoro Kandang, Candi Cetho dan Via Jogorogo. Gunung yang cukup populer ini berada di antara 3 Kabupaten.

Bagian sisi timur gunung Lawu masuk ke dalam kawasan Magetan dan Ngawi, bagini barat masuk kawasan karanganyar dan bagian utara agak ke timur masuk ke daerah Ngawi sedangkan bagian selatan gunung Lawu masuk ke daerah Magetan dan Karanganyar. Para pendaki lebih banyak yang memilih jalur pendakian cemoro sewu dan cemoro kandang yang berjarak 200 Meter.

Perlu diketahui bahwa Gunung Lawu ternyata sangat terkenal dengan sisi mistisnya, bahkan di area gunungnya juga tersebar tempat petilasan dan kramat yang masih sering digunakan oleh beberapa orang di sekitar yang masih menganut ilmu kejawan. Dengan adanya sisi mistis tersebut ternyata membuat sebagian besar pendaki menjadi lebih tertantang untuk mengunjunginya.

Lokasi Gunung Lawu

@pikowchan

Bagi Anda seorang pendaki gunung yang sangat suka dengan adrenalin maka sudah tidak asing lagi dengan Gunung Lawu. Sebagian besar orang menyatakan bahwa pendakian Gunung Lawu memiliki medan perjalanan yang cukup landai dan banyak suasana mistisnya sehingga membuat adrenalin para pendaki menjadi lebih tertantang.

Perlu diketahui bahwa lokasi gunung Lawu terdapat di pulau Jawa yaitu Kabupaten Ngawi Jawa Timur, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Magetan. Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 meter yang memiliki tiga puncak yaitu puncak Hargo Dalem, puncak Hargo Dumiling dan puncak Hargo Dumilah.

@yuniar.rzl

Nah, sebagai gunung lawu yang sudah tidak aktif ini ternyata membuat sebagain besar pendaki menjadikannya sebagai gunung terfavorit sehingga hingga sampai sekarang ini memang masih banyak orang yang mendaki gunung Lawu. Ketahuilah bahwa apabila Anda sudah berada di 3 puncak gunung Lawu maka akan disajikan dengan pesona alam yang sangat menakjubkan.

Rute Menuju Gunung Lawu

@iamschaaa

Perlu diketahui bahwa ternyata ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh menuju gunung Lawu, tentunya ketiga rute tersebut memiliki perjalanan yang memberikan keindahan pesona alam yang sangat menakjubkan sehingga membuat para pendaki tertantang untuk melewatinya.

  1. Rute Gunung Lawu Via Cemoro Kandang

Rute Cemoro Kandang menuju Gunung Lawu ternyata sudah dikenal sebagai jalur paling panjang sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di puncak gunung. Tentunya, hal tersebut membuat para pendaki tidak ingin melewati jalur yang satu ini kecuali bagi pendaki yang sangat tertantang untuk melewati jalanan via Cemoro Kandang.

@arrenhiuz_376
@udinn_osd

Apabila Anda sudah memilih Gunung Lawu via Cemoro Kandang maka Anda memang harus melewati 5 pos pendakian untuk mencapai puncak. Track via Cemoro Kandang ini sangat didominasi oleh jalanan tanah padat, bahkan Anda juga harus melewati hutan yang  rimbun di sepanjang jalan. Hal tersebut tentunya dapat memacu adrenaling para pendaki tentunya.

Perlu diketahui bahwa Basecamp Cemoro Kandang berlokasi dii kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah, di ketinggian 1.946 mdpl. Di bascamp Anda dapat menemukan fasilitas umum dari mushola, aula yang luas, kamar mandi, tempat beristirahat, dan warung yang menjual makanan sehingga perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dengan adanya fasilitas tersebut.

  1. Rute Gunung Lawu Via Candi Cetho
@ashila_

Menurut beberapa informasi ternyata rute gunung Lawu via CandI Cetho memang dikatakan sangat mistis. Namun, ketahuilah bahwa rute yang satu ini memang masih sangat asri, alami, dan juga bersih dibandingkan dengan rute yang lainnya. Kondisi jalur trek tanah padat yang sudah tervegetasi rapat sehingga sangat memberikan nuansa gunung dan hutannya.

Ketika musing kemarau Anda akan menjumpai medan perjalanan yang cukup berdebu, tetapi di musim hujan ternyata memiliki medan jalan yang cukup licin sehingga Anda memang harus mempersiapkan berbagai perlatan P3K sendiri agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Nah, untuk sampai di puncak Gunung Lawu Anda juga harus melewati 5 pos.

Di jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho terdapat sumber air bersih dari dari pipa-pipa air penduduk sekitar yang memang sudah sengaja dilubangi. Sumber air tersebut terdapat di pos 3, sedangkan sumber air lainnya terdapat di sabana yang berada di sekitar pos 5 atau pos terakhir untuk sampai di puncak gunung Lawu.

  1. Rute Gunung Lawu Via Jogorogo
@fransiscatya
@adam9aluh

Berikutnya rute yang dapat Anda gunakan menuju puncak gunung Lawu yaitu rute Gunung Lawu via Jogorogo. Perlu diketahui bahwa rute yang satu ini merupakan jalur yang sangat jarang digunakan pendaki. Mengapa demikian? hal tersebut disebabkan karena track perjalanan cukup berbahaya, ditambah dengan binatang buas.

Selain itu, rute gunung Lawu via Jogorogo juga memiliki mitos yang mengerikan, bahkan jalur satu ini dikategorikan ilegal atau memang dilarang oleh pemerintah. Nah, ketahui gerbang masuk jalur Jogorogo lokasinya terdapat di desa Giri Ngawi, Jawa Timur.

  1. Rute Gunung Lawu Via Cemara Sewu
@bintaaari

Jalur Cemoro Sewu memiliki lokasi pintu yang tidak jauh dari basecamp Cemoro Kandang, yang hanya memiliki jarak sekitar 200 meter. Lokasi bascamp Cemara Sewu berlokasi  Magetan, Jawa Timur. Basecamp Cemoro Kandang ini sudah cukup memberikan kenyamanan karena memiliki fasilitas umum seperti mushola dan kamar mandi.

Apabila Anda melawati jalur Cemoro Sewu maka akan melewati 5 pos pendakian yang memiliki 2 sumber air, yang pertama terdapat satu  terdapat di antara basecamp dan pos 1, sedangkan sumber air yang kedua  berada di antara pos 4 dan pos 5. Menggunakan rute perjalanan yang sutu ini juga sudah terdominasi oleh hutan rimbun.

Keindahan Gunung Lawu

@muhammadirfanikf
@mipfahrozi13

Setelah mengetahui beberapa rute atau jalur menuju gunung Lawu, Anda juga harus mengetahui keindahan gunung Lawu yang akan membuat para pendaki tertarik sampai di puncak gunung Lawu.

  1. Menyusuri savana lewat Candi Cetho
@bungannisa_

Salah satu keindahan alam yang bisa dijumpai saat mendaki ke gunung Lawu yaitu adanya hamparan savana yang sangat indah sehingga dapat melakukan tracking sambil mengabadikan moment melalui hunting foto yang sangat bagus. Perlu diketahui bahwa savana merupakan padang rumput hijau dengan pemandangan indah.

  1. Sendang Drajat
@firaayunita

Dalam jalur pendakian menuju Gunung Lawu  ternyata terdapat sebuah mata air yang disebut Sendang Drajat dengan kedalaman 2 meter. Walaupun dalam musim kemarau ternyata sumur ini tidak pernah kekeringan. Selain itu dilihat dari sisi mistisnya juga memperlihatkan kebaikan dari air sendang drajat sangat bagus untuk kesehatan.

  1. Puncak Harga Dumilah
@adam9aluh
@adam9aluh

Perlu diketahui bahwa  di sekitar puncak Hargo dumilah terdapat tempat berziarah yang disebut dengan Hargo Dalem. Nah, biasa Peziarah biasanya melakukan upacara tujuh kali disekitar Hargo Dumilah untuk melihat eyang leluhur gunung Lawu yang memiliki  pemandang alam cukup mempesona.

 

Wisata Trawas

Destisusilowati
3 min read

Wisata Klaten

Destisusilowati
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *