Telaga Warna Dieng

Telaga Dieng Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng merupakan daerah perbukitan hijau yang dipenuhi dengan berbagai wisata yang indah, salah satunya adalah danau yang bernama Telaga Warna. Telaga Warna Dieng ini dikelilingi oleh pemandangan gunung yang sangat indah dengan dilengkapi pepohonan yang hijau dan rindang di sekitar.

Seperti apakah sejarah dari telaga warna yang begitu terkenal ini? Mengapa danau di tempat wisata Dieng ini bisa memiliki jenis warna yang berbeda? Penasaran? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Daya Tarik Telaga Warna Dieng

tiket masuk telaga warna dieng

☔ @ws_hendro

Wonosobo adalah sebuah kabupaten yang mengajak Anda untuk bisa melihat pemandangan gunung yang dramatis dan mengajak Anda melakukan perjalanan yang fantastis dengan melalui Lembah Sindoro – Sumbing dan melewati perkebunan tembakau dan teh. Salah satu wisata di Wonosobo Dieng yang sangat menarik perhatian wisatawan adalah Telaga Warna. Apa saja keistimewaannya?

  1. Memiliki Warna Danau yang Unik
telaga warna wonosobo
☔ @widiana_dims

Sebagian wisatawan yang datang mengunjungi Telaga Warna Dieng adalah tertarik untuk menyaksikan fenomena alam yang unik di telaga ini. Ya, Telaga Warna memiliki warna air yang bisa bisa berubah sendiri kadang berwarna biru, hijau dan putih bahkan bisa berubah menjadi pelangi. Warna-warna tersebut bisa berubah pada waktu-waktu tertentu.

Banyak wisatawan yang heran dengan fenomena perubahan warna pada telaga ini, namun berdasarkan cerita penduduk setempat, perubahan warna ini disebabkan oleh endapan belerang yang ada di dasar danau kemudian dibiaskan oleh cahaya sehingga terjadilah perubahan warna.

  1. Terletak di Atas Perbukitan yang Sejuk
telaga warna puncak 2019
☔ @disgalery

Telaga Warna terletak pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut sehingga jangan heran jika sepanjang perjalanan Anda akan dikelilingi oleh pepohonan yang indah dan subur. Perjalanan Anda nantinya bukan hanya ditemani oleh pemandangan pohon yang sangat indah namun juga pegunungan.

Sepanjang perjalanan menuju ke Telaga Warna Dieng, hijaunya alam dan agungnya pegunungan akan memukau Anda. Walau perjalanan cukup menanjak, Anda pasti akan merasakan kedamaian jika sudah berada di kawasan perbukitan Dieng.

  1. Dekat dengan Banyak Wisata
cerita telaga warna
☔ @yogadn

Hal yang menarik lainnya dari Telaga Warna Dieng adalah tempat wisata ini dekat dengan berbagai wisata lainnya seperti Danau Pengilon, Kawah Sikidang dan beberapa tempat wisata terkenal lainnya di Dataran Tinggi Dieng. Jadi jika Anda datang ke tempat wisata ini, maka Anda bisa menjelajahi beberapa wisata sekaligus.

Tempat wisata alam lainnya juga tidak kalah bagusnya dengan Telaga Warna. Semua wisata yang ada sama-sama menawarkan kepada Anda sebuah keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Alamat Telaga Warna Dieng

telaga warna sentul
☔ @lalinov

Kawasan Dataran Tinggi Dieng memang menjadi salah satu destinasi wisata populer yang ada di provinsi Jawa Tengah karena memiliki banyak wisata alam yang  tidak pernah berhenti memukau wisatawan untuk menikmati semua keindahannya. Telaga Warna sebagai danau yang memiliki keunikan ini bisa Anda temukan di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Bagaimana rute untuk menuju ke Telaga Warna Dieng? Rute yang bisa Anda tempuh untuk bisa menuju ke Telaga Warna dari Kota Wonosobo adalah dengan menuju ke Dataran Tinggi Dieng sampai Anda menemukan pertigaan. Jika Anda sudah menemukan pertigaan maka Anda bisa berbelok ke arah kiri dan menuju ke Desa Dieng Wetan.

Dari desa tersebut sudah banyak papan petunjuk yang mengarahkan Anda ke Telaga Warna. Anda bisa pergi menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Adapun perjalanan untuk menuju lokasi dari kota Wonosobo hanya memakan waktu sekitar 30-45 menit.

telaga warna
☔ @indiraradanar

Hal yang tidak boleh terlewatkan jika sudah sampai di telaga ini adalah melihat warna air telaganya yang bisa berubah. Perubahan warna pada telaga ini  tergantung pada waktu, cuaca dan lokasi pemandangan Anda berada. Lokasi terbaik untuk bisa menyaksikan keindahan Telaga Warna dari Gunung Prau.

Jika Anda memandang dari atas Gunung Prau, maka Anda bukan hanya bisa menikmati pemandangan Telaga Warna saja tapi juga Danau Pangilon dan berbagai hijaunya pepohonan di sekitarnya. lebat. Hanya saja untuk bisa mencapai Gunung Prau, Anda perlu melakukan trekking yang cukup panjang dan melelahkan.

Anda memerlukan persiapan yang sangat matang untuk bisa sampai ke gunung ini. Adapun tempat lainnya yang direkomendasikan untuk bisa melihat keindahan Telaga Warna dari atas adalah Batu Ratapan Angin.

Sama halnya dengan Gunung Prau, Batu Ratapan Angin juga memiliki ketinggian yang cukup sulit untuk ditaklukkan dan dibutuhkan tenaga yang ekstra untuk bisa sampai di atas puncak bukit. Meski cukup melelahkan, namun tenang saja karena Anda bisa mendapatkan bayaran yang sepadan atas upaya yang Anda lakukan karena pemandangan dari atas bukit sangat menakjubkan.

Tiket Masuk Telaga Warna   

misteri telaga warna
☔ @aadilahna

Jika Anda sudah sampai di Telaga Warna, maka Anda perlu membeli tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan wisata ini. Adapun harga tiket masuk ke Telaga Warna Dieng adalah Rp.15.000 per orang untuk wiasawatan lokal dan Rp.35.000 untuk wisatawan mancanegara.

Menariknya adalah harga tiket masuk terssebut sudah termasuk dengan harga tiket Danau Pengilon juga. Jadi sekali membayar Anda juga bisa menikmati dua tempat wisata sekaligus! Sangat mengasyikkan bukan?

Selain dekat dengan wisata Danau Pengilon, Telaga Warna juga dekat dengan beberapa tempat wisata di dataran tinggi Dieng lainnya seperti Batu Ratapan Angin, Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng dan Gunung Prau.

Jika Anda memiliki banyak waktu untuk berwisata, maka Anda bisa untuk menjelajahi beberapa tempat wisata yang dekat dengan Telaga Warna. Hanya saja untuk melakukan pendakian ke Gunung Prau, Anda memerlukan perbekalan yang cukup mengingat gunung ini memiliki ketinggian yang cukup lumayan melelahkan untuk ditaklukkan dalam hitungan jam.

Legenda Telaga Warna 

sejarah telaga warna
☔ @coppotan

Ada  asal usul telaga warna sendiri sangat menarik dan menggelitik. Konon sejarah adanya Telaga Warna Dieng ini yang bisa berubah-ubah warnanya adalah dahulu kala ada seorang bangsawan yang memiliki sebuah cincin kemudian cincinnya jatuh ke telaga.

Cincin ini menyimpan keramat sehingga barang itulah yang membuat telaga ini bisa berubah-ubah warnanya sedemikian cantiknya. Namun adapula mitos lain yang mengatakan bahwa Telaga Warna adalah tempat mandinya para bidadari sehingga warnanya bisa menjadi cantik sebagaimana bidadari yang mandi di telaga tersebut.

akses menuju telaga warna dieng
☔ @andriwdwiyulianto

Namun, terlepas dari beberapa mitos yang ada, banyak para pakar intelektual maupun peneliti menyatakan bahwa berubahnya warna air di telaga ini merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi karena adanya pembiasan cahaya dari endapan belerang yang ada di dasar telaga.

Baca Juga : Wisata Keren di Dieng

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, pembiasan cahaya itulah yang membuat warna telaga ini bisa berubah-ubah. Nah, bagi Anda yang hendak berwisata ke Dieng, maka Anda harus buktikan sendiri keindahan dan kecantikan Telaga Warna Dieng ini dengan mata kepala Anda. Fenomena alam ini akan membuat Anda terkagum-kagum dengan keindahan telaga ini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Explore Bandung
Read More

Tempat Wisata di Lembang

Lembang Bandung adalah sebuah kecamatan di daerah kabupaten Bandung Barat provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini berjarak kurang…