IndonesiaJawa Tengah

Situs Warungboto

Review Situs Warungboto Jogja

Anda pernah pergi ke istana air Taman Sari yang letaknya tidak jauh di Keraton Yogyakarta?

Jika Anda pernah pergi ke Taman Sari, maka atau setidaknya pernah melihat bangunan Taman Sari di sebuah foto, maka Anda akan tahu bahwa bangunan Situs Warungboto ini sangat mirip dengan yang ada di Taman Sari.

Seperti apakah tempat wisata Warungboto ini? Di mana letaknya dan seperti apa sejarah dari adanya bangunan ini? Berikut adalah ulasannya.

Sejarah Situs Warungboto Jogja

situs warungboto

📷 by @altia.id

Bangunan Warungboto pada zaman dahulu ternyata adalah sebuah Pesanggrahan Rejawinangun. Saat ini  Pesanggrahan  lebih dikenal dengan nama situs Warungboto yang merupakan sebuah situs bersejarah dari abad ke-18.

Situs Warungboto dahulunya adalah rumah untuk raja dan keluarga, yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II sejak ia masih menjadi seorang pangeran.

Ketika masa pemerintahannya selesai, maka Sultan berniat untuk menggunakan Pesanggrahan ini untuk tempat beristirahat dan bersantai.

harga tiket situs warungboto

📷 from @chan_ikhsan93

Bahkan tempat itu juga dilengkapi dengan taman dan air mancur yang dibangun di lokasi. Kolam tersebut konon merupakan pemandian untuk raja dan keluarga. Tapi sekarang air mancur dan kolamnya sudah kering.

Pesanggrahan Rejawinangun ini awalnya dibangun dengan menggunakan batu bata, tanpa membutuhkan struktur kayu sama sekali. Bangunan Pesanggrahan Rejawinangun memiliki dinding yang sangat tebal, khas bangunan tua yang uniknya masih tersisa sampai sekarang.

situs warungboto sejarah

📷 from @faarisa.id

Situs ini sebelumnya sudah pernah mengalami keruntuhan namun kemudian situs ini direnovasi hingga kemudian menjadi sebuah tempat wisata yang dibuka untuk kunjungan publik.

Setelah dilakukan renovasi, situs ini dibuka sejak bulan Desember 2016 atau 3 tahun yang lalu.Bahkan situs ini sudah mulai banyak yang mengunjungi walau masih terbilang baru diresmikan.

Di setiap harinya bekas Pesanggrahan Rejawinangun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, khususnya pelajar dan mahasiswa.

Bukan hanya wisatawan lokal saja, tapi setidaknya ada juga puluhan turis yang turut mengunjungi situs bersejarah ini.

warungboto situs

📷 from @mochrafandi

Situs Warungboto memang menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang karena memiliki sebuah arsitektur bangunan yang sangat unik dan menarik.

Pesanggrahan yang dibangun pada era Sri Sultan Hamengku Buwono II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga beberapa ruang pendukung.

Ruang utama  Pesanggrahan Rejawinangun sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu ruang depan dan kolam.

Banyak wisatawan yang sengaja melihat situs ini untuk mengambil gambar yang bagus karena arsitekturnya yang memang khas dan unik.

lokasi situs warungboto

📷 from @tasyaekapratiwi

Semenjak dibuka untuk umum, maka situs bersejarah ini dikelola dengan sangat maksimal oleh pengelola sehingga wisatawan yang datang bisa mendapatkan informasi yang membantu untuk mengetahui sejarah Situs Warungboto.

Hal yang Menarik dari Wisata Situs Warungboto

lokasi situs warungboto jogja

📷 from @the_banger.id

Hal menarik situs Warungboto ini adalah gerbang masuk ke bangunannya yang berbentuk lengkung dan kolam luas yang kering di area utama. Salah satu sudut yang unik adalah tangga yang terdapat di Warungboto ini yang berbentuk litograf.

Tangga ini mengarah ke atap di sayap kanan dan kiri dan Anda dapat melihat bangunan Warungboto ini seperti labirin yang sangat unik.

Bisa dikatakan bangunan di Warungboto ini hampir sama keindahan dan keagungannya dengan Taman Sari, namun Situs Warungboto ini jauh terlihat sangat cantik dan unik karena tangganya jika dibandingkan dengan Taman Sari.

situs warungboto jogja

📷 from @giasssd

Tidak heran jika  ada banyak pengunjung yang datang hanya untuk mengambil foto di bangunan ini karena sangat cocok sebagai spot foto menarik.

Jika Anda datang ke tempat ini untuk sekedar mengambil foto, maka disarankan untuk Anda datang di pagi hari karena Anda akan mendapatkan cahaya penerangan yang lebih baik.

Jika Anda datang saat sore hari, maka lampu yang ada di tempat ini tidak akan mendukung pencahayaan gambar Anda.

Namun jika Anda mengunjungi situs bersejarah untuk mencari tahu tentang sejarahnya, maka Anda bisa bertanya langsung pada pengelolanya jika sedang berada di tempat atau bertanya pada warga sekitar.

situs warungboto yogyakarta

📷 by @diass.diass

Dengan mengetahui sejarahnya maka Anda akan tahu apa yang sebenarnya Anda lihat. Pengetahuan sejarah ini bisa, lho menambah makna pada foto. Saat memasuki situs, Anda akan melihat beberapa papan informasi tentang sejarah Pesanggrahan Rejawinangun.

Tenang saja, papan informasi ini tidak ditulis dalam bahasa Jawa namun bahasa Indonesia sehingga mudah untuk dipahami.

Informasi yang dipasang di gerbang masuk inilah yang menjadi satu-satunya informasi resmi yang disediakan di situs ini.

harga tiket masuk situs warungboto

📷 by @bendorone

Anda tidak akan menemukan layanan pariwisata, seperti pemandu wisata atau petugas apa pun yang dapat Anda tanyakan lebih lanjut tentang sejarah situs Warungboto ini. Tidak ada biaya untuk masuk tiket pula.

Dikarenakan masih gratis dan hanya membayar parkir saja, tidak heran jika tempat wisata satu ini semakin populer di kalangan pecinta sejarah dan pecinta fotografi.

Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Yogyakarta 2019

jam buka situs warungboto

📷 by @arif_josselalu

Situs Warungboto Jogja ini mulai beroperasional pada pukul 06.00-16.00 WIB, jadi jika anda ingin mengunjungi situs warungboto ini sebaiknnya bisa di pagi atau disore hari menjelang tutup karena anda akan merasakan hawa yang sejuk & tidak panas.

Untuk biaya tiket masuk di situs warungboto ini juga sangat terjangkau, anda hanya cukup membayar Rp. 3.000 rupiah saja, dan anda sudah bisa menikmati keindahan dari situs bersejarah warungboto ini.

Area kawasan Situs Warungboto ini adalah merupakan kawasan wisata dan hanya menjalankan one way access dimana anda jika ingin lebih mudah dan cepat disarankan untuk menggunakan sepeda motor saja.

Lokasi Situs Warungboto Yogyakarta

sejarah situs warungboto

📷 by @xrrud

Mengapa Pesanggrahan Rejawinangun disebut situs Warungboto? Ya, tempat ini dikenal sebagai situs Warungboto hanya karena terletak di desa Warungboto. Tempat ini memiliki jarak sekitar 2,4 km dari Kotagede.

Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk sampai ke tempat wisata satu ini jika Anda datang dari stasiun kereta Lempuyangan. Anda bisa mengikuti Google Map karena lokasinya sangat akurat dan mudah ditemukan.

Situs Warungboto ini bisa Anda temukan di Jalan Veteran No. 77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Jogja, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Situs bersejarah ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang ingin berwisata murah. Kapan lagi Anda bisa berwisata gratis dan mendapatkan spot foto yang sangat unik dan menarik kecuali di situs ini?

Wisata dekat Situs Warungboto Jogjakarta

situs warungboto

📷 by nickyirawanputra

Tidak jauh dari situs warungboto ini anda dapat juga berkunjung ke tempat wisata yang berada dikawasan situs warungboto, salah satunnya adalah :

  1. Xt Square

    Xt Square adalah pusat segala kerajinan dna penjualan hasil seni yang berada di Yogyakarta, di Xt Square ini ana juga dapat menikmati wahana 3D mengenai Museum di Jogja.
  2. Gembira Loka Zoo

    Gembira Loka Zoo satu satunnya kebun binatang yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur selain di situs warungboto.Di tempat ini anda bisa mengajarkan sibuah hati untuk mengenal flora dan fauna baik yang berasal dari Indonesia ataupun Mancanegara.

LENGKAP sudah informasi mengenai Situs bersejarah yang ada di Jogja yaitu situs warungboto, jika anda berkunjung ke situs warungboto ini jangan lupa tetap menjaga ketertiban dan kebersihan dari situs ini ya.

Jangan sampai karena ulah kita situs bersejarah ini jadi rusak dan tidak menarik lagi, jadi mari kita jaga bersama-sama peninggalan para leluhur kita agar nantinnya anak cucu kitapun juga dapat merasakan dan menikmati keindahan dari wisata Indonesia.

About author

Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.
    Related posts
    BogorIndonesiaJakartaJawa Barat

    Kokas

    Jawa Tengah

    Candi Pawon

    Jawa Tengah

    Candi Cetho

    IndonesiaJawa TengahPurwokertoSemarang

    Gunung Slamet

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *