Alun-alun Bandung

Gambar Alun-alun Bandung

Liburan ke kota Bandung tidak akan lengkap jika anda belum mengunjungi pusat kota Bandung yakni Alun-alun Bandung. Tentunya anda sudah tahu, bahwa dimanapun kota di Indonesia pasti memiliki Alun-alun yang biasanya digunakan sebagai pusat kota tersebut.

Dan disetiap daerah atau kota, Alun-alun yang dibangun pun biasanya memiliki konsep dan desain arsitek yang berbeda- beda, yang membuat keunikan tersendiri bagi kota tersebut. Begitu juga dengan kota Bandung.

Bagi kamu yang baru pernah ke kota Bandung atau sering ke kota Bandung wajib datang menikmati berbagai kenyamanan yang disediakan di Alun-alun Bandung yang merupakan pusat kota Bandung.

Sejarah Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung berada di sebelah selatan Grote Postweg yang kini sudah dijadikan sebagai Plaza Masjid Raya Bandung – Provinsi Jawa Barat. Alun-alun ini sudah mengalami perenovasian berkali-kali, da terakhir direnovasi pada tahun 2014. Hingga akhirnya pada tanggal 31 desember 2014 alun-alun bandung diresmikan oleh wali kota bandung.

alun alun bandung malam hari

Tempat ini memiliki taman seluas 1.200 meter persegi. Alun-alun bandng dipenuhi dengan beragam fasilitas, mulai dari arena bermain anak, perpustakaan, dan untuk menunjang aktivitas anak muda, tempat ini juga dilengkapi dengan jaringan wifi.

Di sebelah utara alun-alun anda bisa menemukan sebuah halte bus yang cukup panjang sebagai pelengkap fasilitas di taman pusat kota bandung ini. Alun-alun kota Bandung adalah salah satu tempat nongkrong terfavorit para warga Bandung.

Simak juga bacaan : Sejarah Gedung Sate Bandung yang tidak banyak orang tau

Keistimewaan Alun-alun Bandung

Selain gratis tempat ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan Alun-alun Bandung masuk dalam jejeran tempat wisata lebaran di Bandung atau tempat wisata tahun baruan Bandung yang banyak dikunjungi para wisatawan. Dan bisa dibilang tempat ini adalah pusat aktivitas warga kota Bandung.

tempat wisata di bandung

  1. Revolusi Alun-alun Bandung

Semenjak kota Bandung mulai dipegang oleh Bapak Wali Kota Ridwan Kamil yang merupakan lulusan sarjana dari ITB jurusan teknik arsitektur, kota Bandung seolah-olah diubah kembali menjadi kota yang lebih baru lagi. Kota yang dijuluki sebagai Paris Van Java ini seakan tidak pernah berhenti dalam mempercantik diri.

peta wisata bandung

Salah satu bukti dari percantikan kota Bandung yang dilakukan oleh beliau adalah wajah baru Alun-alun Bandung. Alun-alun Bandung yang dulunya terkenal dengan kesan kumuh dan wilayah tidak tertib ini kini menjelma menjadi tempat wisata bandung baru yang mengasikkan bagi warga Bandung.

Kini, pot-pot besar yang berada di tengah Alun-alun sudah dihilangkan dan diubah menjadi sebuah lapangan bola dengan bahan rumput sintetis berwarna hijau dengan luas 1.200 m2.sehingga kini, areal alun-alun pun terlihat menjadi lebih luas. Dan telah difungsikan menjadi tempat refreshing warga Bandung.

  1. Keindahan Suasana Malam di Alun-alun Bandung

Tak hanya bisa dinikmati pada waktu pagi, siang dan sore hari saja, namun Alun-alun Bandung juga bisa dinikmati ketika langit sudah gelap atau pada malam hari. Disini terdapat beberapa area yang bisa dijadikan sebagai spot foto bagi para pecinta selfie.

kuliner malam bandung

Pada sudut utara alun-alun terdapat karpet putih yang bertuliskan “Bandung Juara” yang bisa dijadikan sebagai objek foto.Kemudian pada sudut selatan lapangan terdapat kata-kata yang membentuk huruf “Bandung”.

Selain itu, tempat ini juga sudah dilengkapi dengan lampu berwarna-warna yang membuatnya lebih terlihat hidup kembali. Kini Alun-alun Bandung menjadi kawasan asri dan hijau di tengah kota Kembang, kehadirannya telah menjadi magnet tersendiri bagi para wisatwan baik lokal ataupun luar daerah.

Kini tempat yang dikenal kumuh dan tidak teraat itu, sudah bisa dijadikan sebagai tempat para wisatawan khususnya keluarga dan anam muda untuk bercengkrama duduk-duduk sambil menikmati berbagai jajanan khas Bandung.

Tiket Masuk ke Alun-alun Bandung

Meski sudah direnovasi dan dibuat lebih nyaman dengan berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan warga Bandung di dalamnya, namun untuk bisa menikmati suasana keindahan kota Bandung dari Alun-alun ini tidak dipungut biaya seperpun alias GRATIS!

Lokasi Alun-alun Bandung

Bagi para wisatawan yang berasal dari luar daerah kota Bandung yang ingin mengunjungi Alun-alun Bandung bisa langsung datang ke Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, kota Bandung.

Tentunya tempat ini berada di pusat kota Bandung yang dikelilingi dengan berbagai pusat bisnis masyarakat kota Bandung.

Tips Berkunjung ke Alun-alun Bandung

  • Gunakan pakaian yang nyaman, karena ini termasuk dalam wisata outdoor
  • Datang pada waktu malam hari, supaya bisa melihat cantiknya lampu-lampu warna-warni yang menghiasi alun-alun bandung
  • Untuk kamu yang sedang berhemat, usahakan bawa makanan atau cemilan sendiri saat datang ke alun-alun

Villa Terdekat Dengan Alun-alun Bandung

Bagi anda yang berniat berlama-lama di kota Bandung untuk bisa menikmati berbagai tempat wisata disini, anda bisa menginap di salah satu Villa yang dekat dengan Alun-alun Bandung.

Penginapan/VillaAlamat
Villa Damar BandungJalan Damar No. 7, Pasteur, Kec. Sukajadi, kota Bandung, Jawa Barat
Bantal Guling Guest HouseJalan Moch. Toha No. 42, Ciateul, Kec. Regol, kota Bandung, Jawa Barat
Daily Home VillaJalan DR. Setiabudi No.86c, Hegarmaniah, Kec. Cidadap, kota Bandung, Jawa Barat

 Tempat Wisata Sekitar Alun-alun Bandung

Untuk anda yang berada di pusat kota Bandung ada banyak sekali tempat wisata yang dapat anda kunjungi ketika berwisata ke kota Paris Van Java ini.

  1. Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika ini merupakan jalan yang paling tua dan bersejarah di Bandung. kini jalan ini semakin cantik karena di sepanjang trotoar terdapat kursi-kursi taman ntuk beristirahat para pejalan kaki, pot-pot bunga, bola-bola dunia dan lampu-lampu yang didesain layaknya di Eropa.

  1. Tugu Titik Nol Bandung

Inilah tempat pertama kali daendels menancapkan tongkat pada saat menyuruh untuk memulai membangun kota. Tempat ini hingga kini masih menjadi salah satu Heritage kota Bandung.

  1. Gedung Merdeka

Tidak jauh dari Titik Nol Bandung terdapat Gedung Merdeka, yang merupakan tempat terciptanya Dasa Sila Bandung yang menajdi pedoman bangsa-bangsa terjajah dalam memperjuangkan kemerdekaan. Disamping Gedung Merdeka ada Museum Konferensi Asia Afrika, yang berisi tentang segala kenangan bersejarah Konferensi Asia Afrika.

  1. Penjara Soekarno

Tempat wisata berikutnya yang dekat dengan Alun-alun Bandung ialah penjara Soekarno yang disebut dengan penjara banceuy yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1877.

Terdapat dua sel dipenjara ini, lantai atas untuk para tahanan politik, dan lantai bawah untuk tahanan rakyat jelata. Dalam penjara berukuran 1,5 x 2,5 meter inilah Bung Karno menyusun pidato pembelaan yang hingga kini dikenal dengan Indonesia menggugat.

Selain itu ada beberapa tempat lainnya yang bisa anda kunjungi ketika datang ke wilayah sekitar Alun-alun Bandung ini. Seperti, Masjid Berarsitek Budaya Tionghoa, Cikapundung Riverspot, dan Jalan Braga.

Itulah informasi seputar tempat wisata Alun-alun Bandung yang wajib untuk kalian datangi, karena banyak suasana baru yang ditampilkan oleh kota Bandung di pusat kota Bandung tersebut.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Explore Bandung
Read More

Tempat Wisata di Lembang

Lembang Bandung adalah sebuah kecamatan di daerah kabupaten Bandung Barat provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini berjarak kurang…