Destisusilowati Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.

Wisata Klaten

Wisata di Klaten

Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah dan berdekatan dengan provinsi Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak tujuan wisata yang indah terutama wisata sejarah. Destinasi wisata Klaten dipenuhi dengan objek wisata candi atau air. Salah satu wisata Klaten yang terkenal nya adalah candi Prambanan yang berada di perbatasan kawasan Sleman dan Klaten.

Candi Prambanan berada di kabupaten Klaten yang harus Anda kunjungi ketika sedang pergi berlibur di Klaten. Namun, selain Candi Prambanan yang terkenal, apa sajakah tempat wisata lainnya di Klaten yang bisa Anda kunjungi?

Tempat Wisata di Klaten

Klaten memiliki sejarah panjang mengenai peradaban kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Gaya yang dimiliki kota ini merupakan dan warisan sejarah yang dipengaruhi perkembangan Hindu dan Budha. Hal ini bisa Anda lihat dari beberapa arsitektur candi yang ada di Klaten. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di Klaten.1

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Sumber : amazingbalinata.blogspot.com

Wahana permainan di Klaten yang bisa dipilih adalah Umbul Ponggok di mana tempat wisata ini merupakan taman bermain namun dari kolam air. Umbul  ini bisa Anda susuri di desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, sehingga dinamakan Umbul Ponggok. Bagi Anda yang suka berenang dan menyelam, wisata air umbul Ponggok ini sangat unik dan menarik, untuk Anda kunjungi.

 Di tempat wisata ini, Anda bisa snorkeling, bermain dengan ikan, dan bisa berfoto ala-ala di bawah air. Bagi Anda yang belum bisa menyelam, dan ingin belajar bagaimana lebih lihai menyelam, maka Umbul Ponggok inilah tempatnya. Dengan kedalaman 1-3 meter dan luas sekitar 6.000 meter persegi menyelam sambil menyaksikan ikan berwarna-warni akan membuat Anda betah berlama-lama.

2. Umbul CokroTulung

Umbul CokroTulung
Sumber : andikagalip.wordpress.com

Objek wisata alam Klaten selanjutnya adalah Umbul Cokro Tulung. Tempat wisata ini jangan sampai Anda lewatkan karena di tempat ini, Anda bisa bermain air sepuasnya apalagi ada banyak wahana permainan seperti waterboom di tempat ini.

Tempat wisata ini berada di di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Selain ada sebuah umbul, di tempat ini tersedia kolam alami yang darinya sumber mata air murni.

Sangat disayangkan jika Anda sedang berlibur di Klaten melewatkan tempat wisata satu ini. Umbul Cokro Tulung juga sangat cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak mengingat banyak wahana tersedia di tempat wisata ini.

3. Sungai Kali Pusur

Sungai Kali Pusur
Sumber : jatengkita.id

Anda ingin menyusuri sungai dan merasakan sensasi yang mengejutkan? Berkunjunglah ke wisata Klaten terbaru, sungai  Kali Pusur yang letaknya tidak jauh dari Umbul Cokro Tulung. Anda bisa menikmati sensasi menyusuri sungai dengan jaraknya sekitar 10 km. Anda akan diajak melintasi 3 desa sekaligus di Kecamatan Tulung dan Polanharjo.

Rafting di sungai ini tidak akan membuat Anda ketakutan karena sungai ini memiliki aruscepat dan lambat. Selama bermain di sungai ini Anda akan ditemani oleh dua pemandu dan Anda harus membayar Rp.150.000 per orangnya. Apakah Anda tertarik mencoba sensasi rafting  di sungai ini?

4. Umbul Jolotundo

Sumber : amazingbalinata.blogspot.com

Klaten memang penuh dengan wisata air, jadi jangan heran jika Anda akan menemukan banyak wisata air di kabupaten ini. Umbul Jolotundo ini terletak di Kecamatan Jatinom, atau hanya 10 kilometer utara dari kota Klaten.

Tempat wisata di Klaten ini menawarkan sensasi berenang dan bermain air ditemani ikan kecil. Pariwisata ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1924 namun wisata ini tidak mengubah struktur apapun dalam bangunan.

5. Air Terjun Grenjeng Sewu

Air Terjun Grenjeng Sewu
Sumber : ulinulin.com

Grenjeng Sewu adalah destinasi wisata air terjun Klaten yang cukup terkenal. Air terjun ini berada di  area Gunung Tegalmulyo, Kemalang, Kabupaten Klaten. Kawasan wisata air terjun ini sangat sejuk dan memiliki hawa dingin.

Saat berlangsung musim hujan, air terjun Grenjeng Sewu akan mengalir sangat deras dan lebar sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan grenjeng sewu atau dalam bahasa Indonesianya seribu.

Kuliner di Klaten

Tidak  lengkap rasanya jika sudah di Klaten tapi tidak menikmati kulinernya. Ada beberapa destinasi wisata kuliner yang bisa Anda coba ketika di Klaten, di antaranya :

  1. RM Bu Mayar Cawas
bu mayar cawas
Sumber : @javafoodie

RM Bu Mayar Cawas ini terletak di Jl. Raya Solo Km 4, Klaten dan menyajika menu khas nasi terancam. Ada beberapa pilihan lauk yang bisa Anda pilih untuk menemani sepiring nasi terancam yang nikmat. Rumah makan ini memiliki tempat yang nyaman dan makananyang  enak. Sangat direkomendasikan untuk dicoba saat di Klaten.,

  1. Bakso Tengkleng Mas Bambang
Bakso Tengkleng Mas Bambang
Sumber :
slemanonline.com

Bakso Tengkleng Mas Bambang berada di  Jln. Pemuda Tengah atau tepat di Samping Kodim, Klaten. Hal yang membuat bakso ini khas dari warung bakso lainnya adalah menu misokleng pangsit tengkleng dan bakso tengklengnya yang lezat. Bisa dibayangkan betapa lezatnya bakso dicampur dengan tengkleng.

  1. Ayam Panggang Ibu Anggriani
Ayam Panggang Ibu Anggriani
Sumber :
www.allfoodsrecipes.com

Ayam Panggang Ibu Anggriani berada di Jln. Rajawali no. 5, Klaten. Sedang mencari makanan ayam bakar yang diasinkan dengan santan? Di sinilah tempatnya karena rasanya masih asli, dan sangat legendaris.

  1. Rumah Makan Miroso
Rumah Makan Miroso
Sumber : tr.foursquare.com

Rumah Makan Miroso terletak di Gang Kawung 5, Klaten. Restoran kecil ini memiliki harga yang terjangkau dengan sajian masakan oriental. Restoran rasa oriental terbaik yang ada di Klaten. Jika Anda bepergian menuju Yogyakarta melewati kota Klaten, maka tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda coba.

Hotel di Klaten

Jika Anda ingin menginap di Klaten, maka Anda bisa memilih beberapa hotel yang ada di bawah ini :

  1. Tjokro Hotel Klaten
Tjokro Hotel Klaten
Sumber :
jasawebbandung.com

Tjokro Hotel Klaten berada di Jl. Pemuda Selatan No. 42 Klaten, Klaten Tengah atau dekat dengan Trikoyo Stadium, stasiun Klaten, Alun – Alun Klaten  dan Terminal Klaten. Tarif menginap semalam di hotel ini adalah Rp 440.000. Tjokro Hoteladalah hotel yang sempurna dengan fasilitasnya yang lengkap,setiap kamarnya nyaman dan bersih, stafnya pun ramah.

  1. Hotel Wisnu Klaten
Hotel Wisnu Klaten
Sumber : roomguru.com

Hotel Wisnu Klaten berada di Jalan Candi Sewu No.5, Prambanan, Klaten dan dekat dengan Candi Prambanan, Stasiun Brambanan, Terminal Prambanan dan Candi  Lumbung. Tarif menginap semalam di hotel ini cukup murah yakni Rp 150.000.

  1. D’ Sawah Guesthouse Klaten
Sawah Guesthouse Klaten
Sumber : expedia.com.my

D’ Sawah Guesthouse Klaten berada di D’sawah No.7 RT 02 RW 02 Kec Kalikotes Kel. Ngemplak, Kalikotes, Klaten. Hotel ini memiliki fasilitas AC dan sarapan dekat dengan Trikoyo Stadium, stasiun Klaten, Alun – Alun Klaten  dan Terminal Klaten. Tarif menginap semalam di hotel ini adalah Rp 100.000.

  1. Griya Gendhis Saraswati Boutique Hotel
Griya Gendhis Saraswati Boutique Hotel
Sumber : booking.com

Kunjungi Juga : Tempat Wisata di Solo

Griya Gendhis Saraswati Boutique Hotel berada di Jalan Raya Solo – Yogyakarta, Karang, Plawikan, Jogonalan atau dekat dengan stasiun Srowot, Trikoyo Stadium, stasiun dan terminal Klaten.Tarif menginap semalam di hotel ini adalah Rp 425.000.

Memijakkan kaki di Klaten akan membuat Anda sangat nyaman untuk berlama-lama. Selamat menyusuri destinasi wisata Klaten.

Destisusilowati Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *