Destisusilowati Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.

Oleh-oleh Khas Surabaya

4 min read

Oleh oleh dari surabaya

Begitu banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Surabaya hingga lupa waktu. Namun, jangan sampai keseruan saat traveling membuat anda lupa membelikan oleh-oleh khas Surabaya bagi keluarga dan kawan-kawan.

Anda bisa cari tahu oleh-oleh yang harus dibawa pulang pada daftar berikut:

Oleh-oleh Khas Surabaya yang Harus Anda Bawa Pulang

Kota yang terkenal akan tempat-tempat bersejarahnya ini ternyata juga terkenal akan destinasi wisata kulinernnya yang sangat lezat dan nikmat berikut adalah beberapa ulasannya.

Oleh-oleh khas Surabaya

  1. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno

Sesuai dengan namanya, Spikoe Resep Kuno merupakan kue spiku (lapis legit) yang dibuat menggunakan resep kuno.

Tekstur kuenya yang sangat lembut dengan paduan dua lapis khas spiku berwarna kuning dan cokelat. Datang saja ke Jalan Rungkut Madya 41 untuk memborongnya.

Hanya terdapat empat varian rasa yang ditawarkan oleh Spikoe Resep Kuno, yaitu Spikoe Tanpa Kismis, Spikoe Raisin, Spikoe Prunes, dan Speculaas.

Anda boleh bebas memilih spiku dalam ukuran reguler (10x26cm) ataupun spesial (24x26cm). Harganya berkisar Rp75.000 – Rp270.000.

  1. Lapis Kukus Surabaya Pahlawan

Lapis Kukus Surabaya Pahlawan

Lapis Kukus Surabaya Pahlawan bisa dibilang merupakan versi modern dari Spikoe Resep Kuno dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang paling dikenal. Perbedaannya, kue lapis kukus satu ini dibuat dengan bahan dasar singkong.

Ada 4 jenis rasa yang ditawarkan oleh Lapis Kukus Surabaya Pahlawan, yaitu varian original (Rp26.000), cocopandan (Rp26.000), brownies (Rp29.000), dan full keju (Rp29.000).

Semua rasa tersebut disajikan dengan dilengkapi topping berupa krim dan keju parut di atasnya.

Anda langsung saja datang ke Jalan Raya Mulyosari No 376 jika ingin membeli Lapis Kukus Surabaya Pahlawan sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih.

 

Almond Crispy Cheese

Inilah camilan khas Surabaya yang sangat terkenal! Almond Crispy Cheese persis dengan cookies namun bentuknya sangat tipis sehingga renyah ketika digigit.

Bahan utamanya terbuat dari tepung, telur, gula, dan susu bubuk. Tak ketinggalan, topping almond dan keju akan menambah kelezatan camilan ini.

Sekarang ini, Almond Crispy Cheese mempunyai tiga varian rasa yaitu original cheese, green tea, dan cokelat. Satu kotaknya dijual sekitar Rp45.000.

Camilan ini banyak dijual di banyak toko oleh-oleh khas Surabaya, sehingga anda bisa dengan mudah menemukannya. Sempatkan mampir ke Toko Wisata Rasa yang berlokasi di Jalan Raya Jemursari No 164.

  1. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy

Jangan merasa heran kalau teman-teman atau keluarga minta dibawakan Sambal Bu Rudy saat tahu anda akan jalan-jalan di Surabaya.

Cita rasa pedasnya yang khas membuat siapa saja yang mencicipi akan ketagihan. Sambal Bu Rudy tersedia dalam berbagai varian, mulai dari sambal bajak, sambal bawang, hingga sambal udang. Per botol sambal ini dijual dengan harga sekitar Rp25.000.

Jika ingin beli Sambal Bu Rudy, sebaiknya datanglah ke cabang terbesar di Jalan Dharmahusada 140. Selain sambal, ada banyak pula jenis jajanan dan kuliner khas Surabaya yang bisa anda temukan seperti keripik dan gorengan.

Di bagian belakang toko ini terdapat pula tempat makan yang bisa anda datangi untuk mencicipi langsung kelezatan nasi udang dan sambal buatan Bu Rudy.

  1. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran

Kenjeran merupakan nama sebuah pantai yang paling terkenal di Surabaya. Tempat ini dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah.

Inilah yang membuat warga sekitar Kenjeran memanfaatkan hasil laut dengan mengolahnya menjadi kerupuk.

Maka, jangan heran kalau anda mencium aroma kerupuk saat sedang jalan-jalan di sekitaran Pantai Kenjeran.

Ingin yang masih mentah atau siap santap, semua bisa anda dapatkan. Kerupuk yang ditawarkan warga juga sangat beragam, mulai dari kerupuk ikan biasa, kerupuk cumi, kerupuk kerang, hingga kerupuk rumput laut.

Semuanya bercitarasa gurih, jadi anda tinggal tentukan saja rasa mana yang lebih cocok dengan lidah. Untuk harganya, kerupuk ikan khas Kenjeran dibanderol sekitar Rp15.000 – Rp300.000 per kilogram.

  1. Siropen Telasih

Siropen Telasih

Berdiri sejak tahun 1923, dulunya Siropen Telasih dikelola oleh perusahaan Belanda sebelum akhirnya jatuh ke tangan Indonesia.

Sekarang ini, anda diperbolehkan berkunjung ke pabriknya yang berlokasi di Jalan Mliwis No 5.

Hal yang menjadikan Siropen Telasih istimewa adalah proses pembuatannya yang tidak menggunakan pemanis buatan.

Varian rasa yang ditawarkan juga cukup beragam, seperti jeruk, vanili, frambozen, mawar, coco pandan, leci, karamel, hingga peppermint.

Per botolnya, sirup ini dihargai sekitar Rp23.000 – Rp25.000. Siropen Telasih sangat cocok diminum pada sore hari sebagai pendamping Spikoe Resep Kuno atau Almond Crispy Cheese.

  1. Sirup Mangrove
Sirup Mangrove

Surabaya mempunyai area hutan bakau yang terletak di kawasan Rungkut. Kelompok petani di daerah Rungkut memanfaatkan tumbuhan mangrove tersebut untuk diolah menjadi sirup.

Paling cocok disajikan menggunakan es, Sirup Mangrove memiliki citarasa yang asam, manis, dan segar.

Bukan hanya itu, sirup satu ini juga diperkaya vitamin A, vitamin C, yodium, dan antioksidan yang bagus untuk tubuh anda.

Langsung saja singgah ke Jalan Sonnetaria untuk membeli Sirup Mangrove seharga Rp35.000 saja.

  1. Abon Sapi Padmosusastro
Abon Sapi Padmosusastro

Menjadi menu yang selalu di bawa ketika berwisata di kota Surabaya, menu Abon sapi ini jarang tertinggal oleh para wisatawan!

oleh-oleh khas Surabaya berupa Abon Sapi Padmosusastro ini, memang sangat nikmat dan sangat rekomendasi jika anda berkunjung ke surabaya.

Terdapat cukup banyak abon sapi yang dijual di Kota Pahlawan ini, namun yang paling enak dan terkenal adalah Abon Sapi Padmosusastro.

Anda dapat membelinya  di Jalan Padmosasastro, sekaligus juga menyaksikan proses pembuatannya. Ada dua varian abon sapi yang dapat anda pilih, yaitu pedas dan manis.

Kalau merasa bingung maka pilih saja dua-duanya. Dijamin anda tidak akan menyesal! Per kilogramnya abon sapi khas ini dihargai sebesar Rp47.500.

  1. Bunarendang

Bunarendang

Bunarendang merupakan singkatan dari “burger nasi rendang”. Bentuknya persis hamburger yang ada di pasaran, namun dilengkapi nasi sebagai pengganti roti dan rendang sebagai pengganti daging.

Bunarendang adalah sebuah kreasi kuliner buatan sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Karena merupakan jenis makanan cepat saji, Bunarendang akan lebih nikmat disantap selagi hangat. Namun, jika dijadikan oleh-oleh anda bisa memanaskannya di microwave.

Hanya dengan harga sekitar Rp10.000 – Rp15.000, anda sudah bisa membeli Bunarendang langsung di kawasan Dukuh Kupang, Swalayan Sakinah ITS, kawasan Jalan Manyar, atau Fakultas Ilmu Budaya UNAIR.

  1. Kue Bikang Peneleh
Kue Bikang Peneleh

Cantik dari luar, lezat di dalam. Itulah definisi Kue Bikang Peneleh yang merupakan salah satu jajanan favorit di Surabaya.

Kue ini dibuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga menghadirkan rasa sangat legit. Bagian atasnya bertekstur empuk dan lembut, sedangkan bagian bawahnya lebih kering.

Begitu menggigit kue ini, seketika anda akan langsung mendapatkan cita rasa gurih dan manis. Kue bikang mempunyai tampilan yang cantik sebab bagian atasnya berwarna-warni.

Sepotong kue bikang dihargai sebesar Rp7.000. Pusat produksi kue bikang ini terletak di Jalan Peneleh 32 – 34. Namun anda juga bisa mendapatkan Kue Bikang Peneleh di Pasar Atom Surabaya Tahap III.

Selain murah meriah dan juga enak ternyata menu makanan ini selalu ada hampir di tempat nongkrong yang ada di surabaya.

  1. Bebek Djangkep
Bebek Djangkep

Surabaya adalah surganya pencinta nasi bebek. Anda dapat membawa pulang bebek khas Surabaya yang lezat dengan membeli Bebek Djangkep di toko-toko oleh-oleh, salah satunya di Toko Bu Rudy.

Selain tempatnya yang enak untuk nongkrong bareng teman-teman, di tempat makan bu Rudi ini juga menyediakan menu andalan Bebek Djangkep Bungkus yang sangat nikmat.

Bebek Djangkep dibungkus seperti pepes dilengkapi aneka rempah-rempah yang dinamakan bumbu kuning.

Kemudian bebek dimasukkan pada kemasan kedap udara agar lebih awet dibawa sebagai oleh-oleh para pengunjung.

Bebek Djangkep terdiri dari seekor bebek tanpa ceker dan jeroan yang dijual sekitar Rp110.000. Untuk memasaknya, anda hanya perlu menggoreng bebek hingga kulitnya berwarna cokelat keemasan. Jangan sampai lupa dimakan dengan nasi hangat dan sambal yang sudah disediakan.

Destisusilowati Seorang Muslimmah, yang Cinta akan alam dan ingin di sampaikan lewat tulisan-tulisan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah tentunnya.

Cafe di Surabaya

Destisusilowati
9 min read

Pantai di Kebumen

Destisusilowati
3 min read

Telaga Warna Dieng

Destisusilowati
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *