Makanan Khas Bali

3 min read

Destinasiku.com

Berwisata atau berlibur ke Bali kurang afdol rasanya kalau tidak berburu makanan khas Bali. Sayangnya, tidak semua rumah makan di Bali memiliki pilihan menu kuliner halal yang dibutuhkan para wisatawan muslim. Namun anda tidak perlu khawatir karena ternyata terdapat beberapa pilihan menu makanan halal yang bisa anda santap di Bali.

  1. Nasi Tekor

Nasi Tekor khas Bali

Kuliner khas Bali yang satu ini terbilang cukup unik dan masih jarang didengar oleh sebagian besar wisatawan. Nasi Tekor adalah nasi yang disajikan menggunakan tekor atau pincuk, yaitu wadah makan tradisional yang terbuat dari daun pisang.

Penjual Nasi Tekor tersebut adalah pasangan kakek nenek. Bertempat di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur anda akan bisa menikmati suasana makan di rumah tua yang dilengkapi pernak-pernik. Hiasan-hiasan tersebut akan sukses membawa anda bernostalgia ke masa kecil dulu.

Menu Nasi Tekor sebenarnya sederhana saja yaitu terdiri dari nasi campur khas Bali dengan sajian lauk lawar biu batu, serapah ayam, sambal bali, kacang goreng, ayam panggang dan kuah ares.

  1. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Nasi Ayam Kedewatan

Kalau sempat berkunjung ke Ubud, maka anda wajib mencoba kuliner halal yang paling eksis disana yaitu Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku. Bermodalkan pendopo khas Bali dengan pekarangan yang luas, disini anda bisa menikmati suasana tradisional khas Bali.

Cocok dengan namanya, tempat ini hanya menyediakan menu makanan berbahan ayam. Satu porsi Nasi Ayam akan dilengkapi dengan sate lilit, telur, ayam sisit, ayam goreng dan sayuran lawar juga sambal yang pedasnya bukan main. Harga yang ditawarkan terbilang murah, Rp. 25.000,- saja

  1. Bebek Bengil
Bebek Bengil Bali

Bebek Bengil adalah pelopor untuk Crispy Duck alias Bebek Goreng Krispi. Rumah makan yang berlokasi di Nusa Dua ini tak pernah sepi pengunjung. Memang menu Crispy Duck nya harus di acungi jempol!

Restoran Bebek Bengil di Nusa Dua juga memberikan suasana asri mirip daerah Ubud yang di kelilingi pepohonan dan dilengkapi juga dengan gazebo ala Bali. Bedanya, di area ini anda tidak akan menemukan bentangan sawah melainkan pasir putih khas Nusa Dua.

  1. Nasi Ayam Ibu Oki
Nasi Ayam Ibu Oki

Tidak jauh dari restoran Bebek Bengil, anda juga dapat menemukan makanan khas Bali halal lainnya yaitu di Nasi Ayam Ibu Oki. Bu Oki menyajikan seporsi nasi campur dengan dilengkapi berbagai menu olahan ayam seperti ayam goreng, ayam sisit, ayam betutu, sate lilit, telur dan sayuran.

Perbedaannya terletak di kuah pedas khas Bu Oki yang dijamin membuat keringat bercucuran dan ingin nambah terus. Nasi Ayam Ibu Oki ternyata juga mempunyai cabang di Jimbaran. Seporsi nasi campur dibandrol Rp. 25.000 saja, tak heran jika banyak pengunjung yang ketagihan.

  1. Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk
Ayam Betutu Men Tempeh

Jangan sampai anda melewatkan makanan khas Bali yang satu ini. Ayam Betutu merupakan salah satu ikon kuliner khas Bali. Selain menggunakan daging ayam, bumbu betutu juga  cukup sering dihidangkan menggunakan daging bebek. Bumbu rempah-rempah komplit khas Bali dengan rasa pedas ini dijamin membuat anda ketagihan!

  1. Nasi Pedas Bu Andika
Nasi Pedas Bu Andika

Nasi Pedas Bu Andika termasuk salah satu kuliner legendaris yang ramai pengunjung hingga hari ini. Anda akan menemukan warung sederhana seperti di Jawa yang dilengkapi berbagai pilihan lauk halal disini. Jika mengunjungi warung ini, jangan lupa memesan kulit ayam dan sambalnya yang super pedas.

Seporsi nasi campur dihargai sekitar Rp 20.000 tergantung pada pilihan lauk yang anda ambil. Nasi Pedas Bu Andika selalu buka selama 24 jam di daerah Kuta, dekat dengan toko oleh-oleh terkenal khas Bali, Joger.

  1. Nasi Jinggo Tutu
Nasi Jinggo Tutu

Kebanyakan menu Nasi Jinggo hanya berisi nasi seukuran sekepalan tangan dilengkapi lauk ayam suwir, tempe goreng, mie goreng dan sambal, serta dikemas dengan bungkusan daun pisang. Lalu apa bedanya? Nasi Jinggo Tutu memiliki porsi yang lebih besar dan disajikan menggunakan piring layaknya nasi campur pada umumnya.

Keunikan lainnya terletak pada pilihan nasi. Anda dibebaskan untuk memilih antara nasi putih maupun nasi kuning sesuai dengan selera anda.

  1. Ayam Bakar Taliwang
AyamTaliwang

Karena Pulau Lombok adalah tetangga dekat Pulau Bali, maka tidak heran kalau beberapa kuliner khas Lombok juga bisa mudah anda temui khususnya di area Denpasar. Salah satu yang terfavorit adalah Ayam Bakar Taliwang Baru yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Denpasar. Biasanya para wisatawan akan mampir kesini setelah puas berbelanja oleh-oleh di Erlangga maupun Krisna.

Salah satu menu yang wajib anda cicipi adalah Ayam Bakar. Bagi anda penggemar sensasi rasa pedas disarankan untuk memesan Ayam Plecing atau Ayam Sasak yang tidak kalah nikmat. Sebagai pelengkap, anda boleh memesan beberuk terong dan plecing kangkung. Restoran ini juga selalu menggunakan ayam kampung asli, tak heran ukurannya agak kecil dibandingkan dengan di restoran ayam lainnya.

  1. Sop Ikan Warung Mak Beng
Sop Ikan

Ini juga merupakan salah satu kuliner legendaris di Bali yaitu Sop Ikan Warung Mak Beng. Telah dibuka sejak tahun 1941 dan tak pernah sepi pengunjung hingga hari ini. Padahal warung ini hanya memiliki satu menu andalan berupa paket sederhana yang terdiri dari nasi putih, ikan goreng, sop ikan dan juga pastinya sambal yang super pedas.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bali

Suasana pantai yang segar bisa anda temui jika mampir kesini, karena Warung Mak Beng persis berada di pinggiran pantai Sanur. Buka mulai jam 8 pagi, anda bisa menikmati hangatnya matahari terbit di pantai Sanur terlebih dahulu kemudian lanjut menyantap sarapan pagi di warung ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *