Candi Sewu

Candi Sewu sudah pernah dengat informasi mengenai Candi Sewu ? Atau mungkin bahkan baru pernah denger ada yang namannya Candi Sewu ?

Tidak apa apa, tidak dimarahin aman hehe maka dari itu kami tim destinasiku akan menginformasikan kepada anda, mengenai Candi Sewu secara Lengkap, seru, menarik dan agamis insya allah.

Sejarah Candi Sewu

Sejarah Candi Sewu 
Sejarah Candi Sewu

Candi Sewu adalah sebuah candi Budah yang dibangun kurang lebih pada abad ke 8 tepat 1 abad ketika islam berada di Nusantara.

Candi Sewu ini berada tepat 100 meter dari Candi Prambanan, Candi Sewu ini adalah sebuah komplek Candi Budha yang di klaim terbesar ke dua setelah Candi Borobudur.

Tapi taukah anda, Candi Sewu ini ternyata umurnnya lebih tua dibanding Candi Borobudur dan juga Candi Prambanan.

Berdasarkan Prasasti Kelurak yang dimana disitu tertulis pada tahun 782 dan Prasasti Manjusrigrha yang di temukan pada tahun 1960, bahwa nama asli Candi Sewu ini adalah “Prasada Vajrasana Manjusrigrha” atau bermakna Candi atau Kuil.

Sementara Vajrajasana bermakna tempat Wajra ( Intan atau Halilintar ) dan Manjusri-grha yaitu rumah Manjusri.

Candi Sewu ini menurut sejarah pernah dipugar atau diperluas pada saat pemerintahan Rakai Pikatan yaitu seorang pangeran dari dinasti Sanjaya yang menikahi Pramodhawardhani dari dinasti Sailendra.

Saat Dinasti Sanjaya mulai berkuasa, pemerintah dari Dinasti Sanjaya tetap membiarkan masyarakatnya memilih agama yang diyakininnya maka dari itu tak heran jika Candi Budha yang notabene Candi Budha berdampingan dengan Candi Prambanan yang merupakan Candi Hindu.

Legenda Candi Sewu Klaten

Legenda Candi Sewu Klaten
Legenda Candi Sewu Klaten

Legenda atau Cerita sejarah mengenai Candi Sewu ini kerap dikaitkan dengan kisah legenda Loro Jonggrang, bahkan Nama dari Candi Sewu ini juga di ambil dari kisah tersebut.

Padahal didalam Candi ini hanya terdapat 249 Candi, tidak sampai Seribu tetapi oleh masyarkat sekitar dinamakan Candi Sewu karena sejarah dari Candi Sewu ini lekat hubungannya dengan kisah roro jonggrang dengan Bandung Bondowoso.

Kompleks Candi Sewu Klaten

Kompleks Candi Sewu Klaten
Kompleks Candi Sewu Klaten

Candi Sewu Klaten ini memiliki luas area kurang lebih 185 m x 165 meter, dimana seperti apa yang telah di singgung diatas bawha Candi Sewu ini adalah Candi Terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Magelang.

Di Candi Sewu ini terdapat empat pintu untuk masuk ke komplek Candi yaitu, Pintu Timur, Pintu Selatan, Pintu Utara dan juga Pintu Barat.

Jika anda cermati, masing masing dari pintu tersebut di jaga oleh dua patung raksasa berukuran kurang lebih 2,3 meter.

Patung-patung ini dinamakan sebagai Dwarapala, apabila anda ingin melihat patung Dwarapala anda juga bisa melihat di Keraton Yogyakarta.

Diantara komplek dari Candi Sewu ini yaitu terdiri dari beberapa komleks diantarannya adalah :

1. Candi Utama 

Candi Utama Candi Sewu
Candi Utama Candi Sewu

Candi Terbesar yang ada di komplek Candi Sewu, Candi ini berada di tengah-tengah komplek Candi yang memiliki tinggi kurang lebih 30 meter.

Pada dasar Candi utama berbentuk Poligon dimana pada jumlah sisinnya itu ada sebanyak 20 buah, sedangkan pada setiap sudut candi menghadap ke arah penjuru mata angin.

2. Candi Perwira

 Candi Perwira Candi Sewu
Candi Perwira Candi Sewu

Kayannya sering denger ya mengenai nama Candi Perwira ? Betul banget teman-teman mungkin hampir ada disetiap Komplek Candi pasti ada Candi Perwirannya.

Sedangkan di komplek Candi Sewu ini, Candi Perwira terdiri dari 240 Candi yang memiliki bentuk hampir sama dengan Candi Utama, tetapi ukurannya lebih kecil, selain itu terdapat susunan 4 baris konsentri yaitu :

  1. Baris Pertama terdapat 20 Candi Perwira
  2. Baris kedua terdapat 44 Candi Perwira
  3. Baris ketiga terdapat 40 Buah Candi Perwira
  4. Baris keempat ada 88 Buah Candi Perwira

3. Candi Pengapit 

Candi Pengapit  candi sewu
Candi Pengapit  candi sewu

Candi Pengapit ini berada disela sela barisan terluar Candi Perwira dimana candi pengapit ini terdapat 8 buah jumlahnya.

Dimana Candi pengapit merupakan Gerbang Pintu masuk untuk memasuki komplek Candi Sewu.

Tiket Masuk Candi Sewu Klaten

Untuk biaya tiket masuk ke Candi Sewu ini cukup bervariatif, dan jika anda ingin ke Candi Sewu anda harus masuk melalu Pintu Masuk Candi Prambanan, diantara biaya yang perlu anda keluarkan adalah :

Harga Tiket Candi Sewu via Prambanan
Tiket Masuk Candi Sewu DewasaRp. 40.000
Tiket Masuk Candi Sewu Anak-anakRp. 20.000
Parkir MotorRp. 5.000
Parkit MobilRp. 10.000

Jam Operasional Candi Sewu Klaten

Jam operasional Candi Sewu ini mengikuti dengan Jam Operasional Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko yaitu mulai dari jam 06.00 Pagi sampai dengan jam 17.00 Sore.

Fasilitas di Candi Sewu Klaten

Fasilitas di Candi Sewu Klaten
Fasilitas di Candi Sewu Klaten

Tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke Candi Sewu teman-teman karena fasilitas disini sudah cukup lengkap diantarannya ada :

  1. Mushola
  2. Tempat beristirahat
  3. Kursi Taman
  4. Area Parkir Luas
  5. Pusat Kuliner
  6. Wc
  7. Pusat Oleh-oleh

Lokasi Candi Sewu Klaten

Lokasi Candi Sewu Klaten
Lokasi Candi Sewu Klaten

Lokasi Candi Sewu Klaten ini berada tidak jauh dari Candi Prambanan kurang lebih 100 meter dari Candi Prambanan, yaitu berad di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Atau anda juga bisa mengikuti arahan google maps dibawah ini :

Transportasi Menuju Candi Sewu

Transportasi Menuju Candi Sewu
Transportasi Menuju Candi Sewu

Lokasi atau Jarak Candi Sewu kurang lebih 17 Km dari kota Jogja menuju arah Solo, untuk anda yang berniat berkunjung ke Candi Sewu dari arah Jogja bisa menggunakan Transportasi sebagai berikut :

1. Bandara Adi Sucipto Jogja kemudian naik Bis Trans Jogja 1A yang mengarah ke Candi Prambanan, kemduian turun di Kawasan Candi Prambanan.

2. Stasiun Lempuyangan Jogja anda tidak perlu keluar untuk naik bus trans jogja tetapi anda tinggal naik Kereta Api Sriwedari jurusan Solo kemudian turun di Maguwo, kemudian baru dilanjutkan dengan Trans Jogja 1A menuju arah Candi Prambanan.

3. Stasiun Tugu Jogja anda bisa langsung Naik Bus Trans Jogja sama seperti apabila anda transit di Bandara Adi Sucipto, naik bus Trans Jogja 1A kemudian turun di halte Candi Prambanan.

4. Terminal Giwangan, anda bisa naik bus jurusan Jogja-Solo kemduian turun di depan kawasan Candi Prambanan.

 

Hal Menarik di Candi Sewu Klaten

Hal Menarik di Candi Sewu Klaten
Hal Menarik di Candi Sewu Klaten

Kenapa anda harus mengunjungi Candi Sewu ? berikut adalah beberapa Hal menarik yang bisa anda rasakan ketika berkunjung ke Candi Sewu Jogja.

1. Sunrise & Sunset 

Siapa bilang di Candi Sewu ngga bisa nikmati Sunrise dan Sunset ? Bohong banget kalau gitu, karena destinasi yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Candi Sewu adalah Pesona Sunrise dan Sunset di tempat ini.

2. Bersepeda Mengelilingi Candi 

Capi jalan kaki ? Nda perlu khawatir teman-teman karena diCandi Sewu ini disediakan sepeda bagi kamu yang ingin menikmati pesona Candi Sewu dengan Sepeda.

3. Belajar Sejarah di Museum Candi 

Candi Sewu ini juga adalah salah satu wisata edukatif yang berada di Jogja, karena di Candi Sewu ini anda juga bisa belajar di Museum Candi mengenai Sejarah, Legenda dan hal hal yang berkaitan dengan Candi Sewu ataupun Candi Prambanan.

4. Menikmati Pagelaran Seni 

Pada setiap hari selasa, Kamis, dan Jum’at di Candi Sewu ini disenggelarakan pegelaran seni budaya yang lokasinnya berada di Taman Wisata Candi Prambanana.

Sementara itu apabila sedang disenggelarakan pegelaran seni budaya biasannya mulai pukul 19.30 sampai dengan 21.30 WIB.

Tips Wisata di Candi Sewu Klaten

Tips Wisata di Candi Sewu Klaten
Tips Wisata di Candi Sewu Klaten

Dan terakhir adalah tips berkunjung bagi kamu yang ingin datang ke Candi Sewu yaitu :

  1. Usahakan datang dipagi atau sore hari
  2. Usahakan datang bukan di hari libur karena akan ramai banget
  3. Bawa Kamera hehe
  4. Bawa Bekal Makanan yang Cukup
  5. Bawa Atribut unik untuk berfoto
  6. Berdoa sebelum berangkat

alhamdulllah, lengkap sudah informasi mengenai Candi Sewu yang berada di Klaten, Yogyakarta.

Udah lebih paham ya dan tau mengenai informasi di Candi Sewu ? Alhamdulillah, semoga bermanfaat informasinnya ya teman-teman.

Dan apabila ada salah kata atau informasi yang tertera mohon segera diingatkan ke admin, agar segera di perbaiki, terimakasih.

Tinggalkan komentar