Jawa Tengah

Candi Pawon

Candi Pawon

Mau bahas soal candi lagi temen-temen hehe, sebenere mau bahas candi yang masuk ke salah satu 7 keajaiban di dunia tapi ketika riset ternyata selain candi itu masih banyak candi lainnya, yang menarik jika di ulas jadi nggapapa ya hehe.

Candi Pawon… Lah seriusan candi pawon ada ta ? Baru denger 😀 Astaghfirullah, baru denger ? Seriusann ???

Makannya saya bilang tadi, ternyata banyak banget candi yang ngga terekspose oleh wisatawan di Indonesia, contohnnya Candi Pawon ini yuk kita bahas secara lengkap mengenai Candi Pawon ini.

Sejarah Candi Pawon Magelang

Sejarah Candi Pawon Magelang

Sejarah Candi Pawon Magelang

Berbicara mengenai Candi pasti lekat hubungannya dengan sejarah bener ngga ? Kalau tersebar berita “Telah di temukan sebuah Candi” tapi tidak ada sejarahnnya itu ibarat mau goreng kerupuk tanpa minyak ya ngga jadi. Hiya hiya

Candi Pawon ini ditemukan pada akhir abad ke-19 dalam keadaan yang tertimbun semak-semak belukar hingga pada tahun 1903 candi ini diperbaiki.

Asal-usul penawaan PAWON pada candi pawon ini sampai saat ini belum di ketahui temen-temen tapi para ahli seperti epigrafi J.G. de Casparis menafsirkan bahwa Pawon itu diambil dari bahasa jawa.

Dimana berkata dasar awu berarti “abu” dan diawali dengan kata Pa diakhiri dengan huruf An yang dimana dalam bahasa jawa berarti menunjukan sebuah tempat.

Jika dalam bahasa jawa biasa pawon berarti adalah tungku atau tempat pembakaran tapi berbeda dengan apa yang di tafsirkan oleh epigrafi J.G. de Casparis beliau menyebutkan Pawon ini adalah sebuah “perabuan” atau tempat abu.

Selain itu Candi Pawon ini juga dikenal sebagai Candi Bajranalan oleh warga setempat yang berarti Vajra itu Halilintar dan Anala adalah Api.

Candi Pawon ini juga dikenal sebagai Candi Peninggalan agama Budha hal ini dikarenakan dilihat dari bentuk candi dan letaknnya yang tidak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendhut.

Hal Menarik di Candi Pawon Magelang

Hal Menarik di Candi Pawon Magelang

Hal Menarik di Candi Pawon Magelang

  1. Masih Asri

    Masih asri disini maksudnnya candi pawon masih sedikit dikunjungi oleh para wisatawan, karena memang kalah pamor dengan Candi Borobudur dan Bukit Rhema yang ada di Magelang.Sehingga menjadikan tempat ini masih sangat terjaga keasriannya.

  2. Relief Unik

    Hal yang membuat takjub dari Candi Pawon ini adalah adannya relief-relief yang begitu indah.Bahkan dinding-dinding luar candi pawon ini dihias dengan relief model Pohon Hayati (Kalpatru) yang diapit punci-punci kinara-kinari (patung manusia setengah burung)

  3. Spot Selfie

    Ukiran-ukiran relief yang indah di tempat ini menjadikan sangat pas untuk dijadikan spot foto unik bagi kamu pemburu foto.Selain itu relief-relief ini juga penuh dengan makna yang begitu dalam.

  4. Muhasabah Diri

    Muhasabah diri adalah sebuah hal yang tidak pernah dilupakan ketika kita berkunjung ke suatu tempat termasuk Candi Pawon ini.Bahkan buatan manusia saja sampai saat ini masih terjaga kekokohannya meskipun sudah beberapa kali dipugar apalagi jika sang pencipta yang membuat, masya allah.

 

Harga Tiket Masuk Candi Pawon Magelang

Akomodasi Candi PawonHarga
Tiket Masuk Candi PawonRp. 7.000
Parkir MotorRp. 2.000
Parkir MobilRp. 5.000
Parkir BusRp. 10.000

Mau liburan ke Candi Pawon ? Nah sedikitnnya itulah rincian biaya yang bisa anda keluarkan ketika mau berkunjung ke Candi Pawon di Magelang.

Jam Operasional Candi Pawon Magelang

Candi Pawon Magelang mulai beroperasi pada Jam 09.00 Am hingga pukul 17.30 Pm, jika kamu ingin menikmati suasana di Candi Pawon silahkan datang di pagi hari atau sore hari menjelang maghrib.

Lokasi Candi Pawon Magelang

Lokasi Candi Pawon Magelang.

Lokasi Candi Pawon Magelang.

Letak Candi Pawon Magelang ini berada tidak jauh dari Candi Borobudur tepatnnya berada di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553.

Atau anda juga bisa mengikuti arahan google maps berikut ini.

Tips Berkunjung ke Candi Pawon

Tips Berkunjung ke Candi Pawon

Tips Berkunjung ke Candi Pawon

Adapun tips yang saya rekomendasikan jika ingin berkunjung ke Candi Pawon adalah :

  1. Datang dipagi atau sore hari
  2. Gunakan kendaraan pribadi
  3. Bawa Bekal makanan yang cukup
  4. Tidak mencorat-coret Candi
  5. Menjaga sikap dan tingkah laku selama di lokawisata.

Meskipun kalah pamor dengan candi borobudur ataupun candi mendhut, tapi kamu juga tidak akan menyesal jika sudah berkunjung ke Candi Pawon ini.

Alhamdulillah, sedikit informasi ini semoga bisa bermanfaat, karena memang selain kalah pamor candi ini juga belum banyak di ketahui banyak orang.

Jadi apabila sobat destinasiku punya informasi yang lebih lengkap, bisa informasikan ke Admin melalui email yang tertera, terimakasih.

Related posts
IndonesiaJawa TengahPurwokerto

Wisata Purwokerto

Jawa Tengah

Curug Nangga

IndonesiaJawa TengahJawa Timur

Gunung Semeru

IndonesiaJawa TengahPurwokertoSemarang

Gunung Prau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *