Candi Cetho

Candi Cetho ada yang sudah tau mengenai Candi yang dikenal misterius ini ? atau bahkan sudah pernah langsung datang ke tempat ini ?

Wah, masya allah mungkin sebagian sudah ya, dan mungkin juga sebagian ada yang belum pernah atau bahkan baru mendengar ada Candi yang namannya Candi Cetho ?

Mari kita bahas, secara lengkap, intens, akurat dan tetap syar’i hehe bismillah. Saya kasih judul Mengenal Kemesteriusan Candi Cetho Karanganyar.

Sejarah Candi Cetho

Sejarah Candi Cetho
Sejarah Candi Cetho

Candi Cetho ini pertama di temukan oleh Van de Vlies pada tahun 1942, Candi bercorak Hindu ini diduga kuat dibangun pada masa akhir Majapahit yaitu pada abad ke 15 Masehi.

Setelah di temukannya pada tahun 1942, A.J Bernet Kempers melakukan penelitian mengenai bangunan candi cetho ini untuk menggali berbagai informasi yang mungkin bisa bermanfaat bagi dirinnya dan untuk umat manusia yang akan mendatang.

Pada pertama kali ditemukan Candi Cetho ini berupa reruntuhan batu pada 14 teras bertingkat dan memanjang ka arah barat.

Sehingga dilakukanlah pemugaran yang tujuannya untuk lebih mudah mengenali Candi, pemugaran ini pertama kali dilakukan pada tahun 1970 oleh Sudhono Humardani yang merupakan Asisten Presiden ke Dua Negara Indonesia yaitu Pak Soeharto.

Misteri Candi Cetho Solo

Misteri Candi Cetho Solo
Misteri Candi Cetho Solo

Candi Cetho dikenal masyarakat menyimpan berbagai misteri hal ini dapat dilihat dari mitos yang tersebar di masyarakat sekitar, diantara mitos candi cetho yang beredar di masyarakat adalah :

1. Patung Misteri Candi Cetho

Patung Misteri Candi Cetho
Patung Misteri Candi Cetho

Pada awal di temukannya yaitu berupa reruntuhan bangunan kuno candi cetho tidak begitu menarik perhatian masyarakat, tapi ketika sudah mulai di pugar nampaklah beberapa patung yang misterius di Candi Cetho ini.

Sekilas patung-patung ini dianggap biasa oleh warga karena biasa di temukan di wilayah reruntuhan sejarah yang berupa candi, tapi patung di candi cetho ini berbeda dari patung biasannya.

Karena apabila kita lihat secara seksama patung-patung ini mirip sebuah patung yang berkebudayaan Sumaria, Maya, Yunani dan Romawi Kuno.

2. Prasati

Prasati Candi Cetho
Prasati Candi Cetho

Prasasti yang terdapat di Candi Cetho ini bukanlah prasasti yang ada pada umumnnya, karena bentuknnya mirip menyerupai bentuk skrotum atau buah zakar seorang laki-laki.

Hal ini menurut para ahli bukan berarti Candi Cetho ini adalah candi mesum, tetapi Candi Cetho ini menunjukan proses penciptaan manusia, masya allah.

3. Candi Cetho mengarah ke Kiblat

Candi Cetho mengarah ke Kiblat
Candi Cetho mengarah ke Kiblat

Masya allah, tabarakallah jika biasannya candi itu mengarah ke arah timur, berbeda dengan candi cetho meskipun dikenal sebagai candi hindu tapi candi ini dibangun dengan mengarah ke arah Kiblat.

4. Tantangan Laki-laki

Candi Cetho Solo
Candi Cetho Solo

Di Candi Cetho ini beredar sebuah mitos apabila seorang laki-laki yang belum menikah akan dengan mudah untuk menaiki tangga piramid yang ada di Candi Cetho ini.

Tetapi apabila seorang laki-laki itu sudah menikah atau sudah pernah menikah pasti sebelum sampai ke puncak tangga piramida akan terlebih dulu ingin buang air kecil.

Entah apa maksudnnya, tapi itulah berita yang beredar di Candi Cetho, engga percaya ? Silahkan buktikan sendiri, insya allah.

Artikel Populer : Wisata di Karanganyar selain Candi Cetho

Tiket Masuk Candi Cetho Karanganyar

Tiket Masuk CandiBiaya
Wisatawan LokalRp. 7.500
Wisatawan MancanegaraRp. 25.000
Sewa Kain Poleng
Rp. 5.000 / Seiklasnnya
Taman Puri SarasvatiRp. 3.000

Jika anda ingin berkunjung ke Candi Cetho setidaknnya itulah rincian biaya yang mungkin akan anda keluarkan ketika berkunjung ke Candi Cetho.

Jam Buka Candi Cetho Karanganyar

Candi Cetho ini mulai beroperasi dari Jam 07.00 AM / Pagi sampai dengan jam 17.00 PM / Malam WIB.

Fasilitas di Candi Cetho

Fasilitas di Candi Cetho
Fasilitas di Candi Cetho

Fasilitas di Candi Cetho sudah cukup lengkap, untuk akses jalan menuju Candi Cetho juga sudah Baik jadi anda tidak perlu khawatir hehe.

  1. Mushola
  2. Penginapan
  3. Warung Makan
  4. Area Parkir
  5. Pusat Oleh-oleh
  6. Tour Guide

Di Candi Cetho ini anda juga bisa menyewa tourguide atau pemandu jalan yang dimana nantinnya anda akan dijelaskan mengenai asal-usul sejarah candi cetho karanganyar.

Lokasi Candi Cetho Karanganyar

Alamat Candi Cetho ini ada dikabupaten Karanganyar tepatnnya di desa Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792.

Jika masih bingung anda juga bisa mengikuti arahan google maps berikut ini :

Rute Menuju Lokasi Candi Cetho

Rute Menuju Lokasi Candi Cetho
Rute Menuju Lokasi Candi Cetho

Untuk bisa sampai ke Candi Cetho anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang akan mengantar anda ke Candi Cetho ini.

Diantara jalan yang bisa anda tempuh untuk menuju candi cetho adalah :

  1. Dari Arah Surabaya –> Tawangmangu –> Teriminal Karangpandan –> Kebun Teh Nargoyoso –> Kebun Teh Kemuning –> Ikuti petunjuk Jalan hingga menuju Candi Cetho,
  2. Dari Arah Solo –> Tawangmangu –> Teriminal Karangpandan –> Kebun Teh Nargoyoso –> Kebun Teh Kemuning –> Ikuti petunjuk Jalan hingga menuju Candi Cetho
  3. Dari Arah Jakarta –> Tawangmangu –> Teriminal Karangpandan –> Kebun Teh Nargoyoso –> Kebun Teh Kemuning –> Ikuti petunjuk Jalan hingga menuju Candi Cetho

Intinnya sama saja, darimanapun arahnnya silahkan mengambil arah tawangmangu kemudian menuju ke terminal tawangmangu.

Dari sini anda tinggal menuju ke Kebun Teh Nargoyoso, kemdudian ke kebun teh Menguning dan mengikuti petunjuk marka jalan hingga sampai ke Candi Cetho Karanganyar.

 

Tips Berkunjung ke Candi Cetho Karanganyar

Tips Berkunjung ke Candi Cetho Karanganyar
Tips Berkunjung ke Candi Cetho Karanganyar
  1. Gunakan Kendaraan Pribadi bisa Motor/mobil
  2. Cek dulu kendaraan anda siap untuk bepergian atau tidak
  3. Bawa Perbekalan yang cukup
  4. Jangan Berkata yang kotor
  5. Jangan mengeluh melihat jalan yang ditempuh
  6. Menjaga tingkah Laku
  7. Berdoa & Bertawakal kepada Allah.

Itulah 7 Tips yang bisa anda lakukan ketika ingin berkunjung ke Candi Cetho, semoga bermanfaat hehe

Alhamdulillah. Selesai sudah informasi mengenai Wisata Sejarah Candi Cetho ya teman-teman semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman semua.

Jangan lupa untuk tetap menjaga ketertiban dan peninggalan-peninggalan sejarah di tempat ini ya, terimakasih.

 

Tinggalkan komentar